Memiliki hobi untuk travelling daerah wisata dalam negeri dan luar negeri memang seru. Selain bisa melepas penat, kamu juga bisa mendapatkan banyak cerita dan pengalaman baru yang bermanfaat.

Namun, tidak bisa dipungkiri, memiliki hobi travelling ini bisa dibilang cukup menguras isi dompet. Karena itu, seorang traveller harus pintar dalam mengelola finansial agar target travelling bisa terwujud.

Berikut ini tips mudah yang bisa kamu lakukan agar terus bisa rutin travelling!

1. Berkomitmen untuk lebih hemat dan tidak boros untuk hal- hal yang kurang penting

Credit: money.kompas.com

Hidup hemat merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan. Selalu buat mindset bahwa kamu bisa menyimpan uang sebanyak mungkin dan tidak hidup boros. Kurangi kebiasaan- kebiasaan yang tidak penting dan mulailah hidup hemat.

2. Tentukan tujuan dan buat budget dari jauh- jauh hari

Credit: beritagar.id

Tentukan dulu tujuanmu mau kemana. Prioritaskan dulu tempat- tempat yang paling kamu ingin kunjungi, kemudian buat budget yang merinci.

Budgeting harus benar- benar detail, ya. Mulai dari transport, akomodasi, atau pembuatan visa dan lain sebagainya. Untuk membantu membuat budgeting yang rinci, kamu bisa membuat itinerary lengkap agar kamu tahu berapa biaya yang diperlukan.

3. Buat rekening khusus untuk menabung keperluan travelling

Credit: debt.com

Membuat rekening khusus untuk travelling adalah cara paling dasar, namun juga cara pintar. Jangan campurkan tabunganmu hanya di satu rekening saja, karena rentan akan terpakai untuk keperluan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa terdistraksi sehingga kurang fokus dalam melihat perkembangan angka dalam tabungan travelling kamu.

4. Buat kebiasaan menyenangkan yang membuatmu semakin rajin menabung

Credit: moneyunder30.com

Tentukan dulu target bulananmu dalam menabung. Berapa banyak uang yang harus kamu tabung setiap bulannya. Lalu, niatkan dirimu untuk menabung. Kamu bisa membuat kebiasaan baru yang dapat memancingmu untuk rutin menabung. Misalnya adalah membiasakan diri menabung uang pecahan Rp 5.000 atau Rp. 20.000.

Jika kebiasaan ini kamu lakukan dengan cara yang menyenangkan, dijamin deh menabung akan terasa lebih mudah!

5. Catat semua keuanganmu dan rinci dengan baik

Credit: huffpost.com

Agar pola hidup hematmu semakin teratur, kamu perlu bukti kuat sehingga kamu akan semakin dasar pentingnya hidup hemat.

Catat semua pemasukan dan pengeluaranmu setiap hari. Dengan begini, kamu jadi tahu berapa jumlah uang yang sudah kamu keluarkan setiap bulannya, dan kamu pun jadi tahu seberapa banyak uang yang kamu tabung.

 

Itulah beberapa tips mudah dalam menabung agar rencana travelling mu bisa terwujud. Yang menjadi kuncinya adalah pengelolaan uang dengan baik. Jadi, tunggu apa lagi? Coba terapkan tips ini segera, ya!

 

 

Featured Image - officinagelato.com