Ketika baru mulai diet untuk menurunkan berat badan, rasanya begitu semangat. Setiap hati kita menjalankan diet dengan teratur dan sedikit demi sedikit berat badan pun mulai berkurang. Tapi, disitulah tantangan mulai muncul. Lama kelamaan, kok terasa bosan, ya. Setiap hari makanannya hampir itu- itu saja.

Kemudian, kita mulai membayangkan makanan yang jarang dimakan selama diet. Mulai dari nasi, makanan yang manis- manis, gurih, sampai makanan olahan. Bagaimana ini?

Sebenarnya inti dari program penurunan berat badan adalah melakukan pola makan yang tepat. Beberapa tips berikut ini dapat dijadikan panduan agar kamu setia pada diet dan tidak mudah bosan:

  1. Makanlah teratur setiap harinya. Mulai dengan makan dalam porsi kecil 5-6 kali, setiap 3-4 jam. Makanlah sebelum perut merasa lapar sekali.
  2. Jangan lewatkan makan pagi dan konsumsi lebih banyak protein saat sarapan. Hindari mengonsumsi karbohidrat berlebihan di pagi hari.
  3. Pilih menu makanan yang rendah lemak, dengan jenis lemak yang baik untuk kesehatan, seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  4. Pastikan kamu tidak dehidrasi dengan minum banyak air setiap harinya. Hindari minuman dan makanan yang banyak mengandung gula, karena ini dapat menyebabkan rasa lapar muncul terus-menerus.
  5. Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya serat. Have an apple a day.
  6. Berolahraga setiap hari, misalnya dengan jalan pagi 30-45 menit. Aktivitas fisik bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga berat badan pun jadi lebih cepat turun.
  7. Bila menu makanan harian mulai membosankan, siasati dengan camilan yang sehat. Kamu bisa konsumsi rice crackers, yogurt murni, kacang-kacangan, atau susu almon. Atau, makan buah seperti avokad dan pisang. Kalau kamu merasa sangat lapar, konsumsi makanan yang kaya protein hewani, seperti ayam panggang, tuna, dan keju.

Saat diet, mungkin tubuh jadi lebih mudah lemas dan lelah. Ini karena sedang ada perubahan yang terjadi dalam tubuh kita. Agar tubuh tetap terjaga dan kita bisa tetap fokus dalam beraktivitas, konsumsi multivitamin secara rutin, seperti vitamin C dan B kompleks.

 

Featured Image - healthyeatinghub.com.au