Vitamin C atau yang juga disebut dengan asam askorbat merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri dan asupan vitamin ini bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin C.

Selain dari makanan seperti buah- buahan atau sayuran segar, kamu bisa mendapat asupan vitamin C harian dari multivitamin seperti dari Enervon-C yang mengandung 500mg vitamin C.

Tetapi sudah tahu kah kamu jenis makanan apa saja sih yang mengandung vitamin C setara dengan vitamin C dari Enervon-C? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Kubis

Credit: hellosehat.com

Kubis merupakan salah satu kelompok sayuran yang sering dimasak untuk membuat sup atau dicampurkan dengan sayuran lainnya.

Kubis memiliki kandungan vitamin esensial seperti vitamin C, vitamin B, antioksidan, dan berbagai nutrisi yang dapat melindungi tubuh dari berbagai gangguan penyakit seperti sakit mata, masalah pertumbuhan, dan bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

2. Brokoli

Credit: liputan6.com

Selain kaya akan kandungan kalsium, brokoli juga kaya akan vitamin C. Dalam 100 gram brokoli mengandung 3 gram serat, 23 kalori, dan 1,76 gram protein.

Vitamin C yang terkandung dalam brokoli sangat baik untuk mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, serta bermanfaat untuk mencegah timbulnya alergi dan peradangan pada tubuh.

3. Paprika Hijau

Credit: pixabay.com

Paprika hijau seringkali digunakan sebagai campuran salad atau bumbu masakan. Paprika hijau mengandung nutrisi yang sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Nutrisi ini bisa membantu memenuhi asupan tubuh setiap hari.

Kandungan vitamin C dalam paprika hijau bermanfaat untuk mencegah semua penyakit yang berhubungan dengan infeksi gigi, kerusakan pembuluh darah, serta membantu memelihara sistem kekebalan tubuh.

4. Kale

Credit: food.detik.com

Kale atau kalian mengandung serat hingga 3 gram, bahkan memiliki nilai protein sebesar 2,57 gram serta 39 kalori. Kandungan zat besi dalam kale dapat membantu tubuh dalam pembentukan sel darah merah, mendukung pertumbuhan sel dan fungsi hati.

Sementara, kandungan vitamin C dalam kale bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi, mencegah kanker, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta dapat membantu mengurangi risiko Alzheimer.

5. Kiwi

Credit: tribunnews.com

Untuk variasi buah, kiwi merupakan salah satu yang mengandung tinggi vitamin C. Kandungan vitamin C dalam kiwi bermanfaat sebagai antioksidan dan membantu memelihara sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kiwi juga mengandung magnesium dan potassium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan otot tubuh.

6. Jambu Biji

Credit: hellosehat.com

Jambu biji mengandung vitamin C lebih tinggi daripada jeruk. Vitamin C dalam jambu biji dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu meningkatkan trombosit pada penderita demam berdarah.

Jambu biji juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Kamu disarankan untuk memenuhi serat sekitar 25- 28 gram setiap hari.

7. Pepaya

Credit: alodokter.com

Vitamin C dalam papaya dapat membantu mencerahkan kulit serta memperkuat pertumbuhan tulangmu. Selain itu papaya juga mengandung vitamin B kompleks yang membantu menjaga metabolisme tubuh dan mengontrol tekanan darah.

 

Nah itu dia beberapa makanan kaya vitamin C yang setara dengan kandungan vitamin C dalamEnervon-C yang membantu jaga daya tahan tubuhmu biar nggak gampang sakit.

 

 

Featured Image - guardian.in