Ini Cara Mencegah Anak Jatuh Sakit Saat Musim Hujan

Ini Cara Mencegah Anak Jatuh Sakit Saat Musim Hujan

TAGS : Anak
font size A Ǎ

Musim hujan telah tiba dan berbagai penyakit pun mulai mengintai anak- anak. Sebagai orangtua, kamu perlu mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan oleh keluarga, termasuk anak agar tidak sakit selama musim hujan berlangsung.

Daya tahan tubuh anak merupakan hal yang penting agar terhindar dari berbagai risiko penyakit, apalagi dengan penyebaran virus dan bakteri di lingkungan sekitar.

Untuk menjaga kesehatan anak saat musim hujan, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih makanan yang bernutrisi tinggi

Ini Cara Mencegah Anak Jatuh Sakit Saat Musim Hujan

Credit: .thegreatcoursesdaily.com

Makanan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan anak selama musim hujan. Berikan si kecil makanan hangat yang berkuah, sehingga mampu menghangatkannya pada saat hujan turun. Dengan pilihan makanan yang tepat dan bernutrisi tinggi, maka setidaknya kamu dapat mencegah infeksi virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh anak.

Selain makanan bernutrisi tinggi, kamu bisa memberikan Enervon-C dalam bentuk syrup yang dapat menjaga daya tahan tubuh si kecil selama musim hujan.

2. Perbanyak minum air putih

Ini Cara Mencegah Anak Jatuh Sakit Saat Musim Hujan

Credit: indysoftwater.com

Udara dingin terkadang memberikan rasa nyaman, sehingga anak jadi tidak mudah merasa haus dan menjadi jarang minum air putih. Padahal, kebutuhan air putih selama musim hujan sangat diperlukan oleh tubuh.

Selain dapat menjaga tempetatur tubuh, minum air putih yang cukup dapat membuang sisa metabolisme tubuh, serta melumaskan sendi agar dapat terus bekerja dengan optimal. Dan kekurangan cairan dapat membuat daya tahan tubuh semakin menurun.

3. Menjaga kebersihan lingkungan rumah

Ini Cara Mencegah Anak Jatuh Sakit Saat Musim Hujan

Credit: sassytownhouseliving.com

Untuk menghindari anak jatuh sakit, kamu perlu menjaga kebersihan lingkungan rumah. Hal yang paling utama adalah mengubur kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur, dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat.

Selain itu, kamu perlu rutin membersihkan kamar mandi dan ventilasi udara, karena dapat membantu lingkungan rumahmu menjadi bersih dan terhindar dari bakteri serta virus.

4. Pastikan anak memiliki waktu istirahat yang cukup

Ini Cara Mencegah Anak Jatuh Sakit Saat Musim Hujan

Credit: familyguideindonesia.com

Sebelum si kecil jatuh sakit, pastikan kalau dirinya memiliki waktu istirahat yang cukup termasuk untuk tidur siang dan malam. Berikan arahan pada anak dengan mengingatkan bahwa waktu istirahat harus dipergunakan dengan baik untuk menjaga kekebalan tubuhnya di musim hujan agar tidak mudah sakit.

5. Siapkan pakaian yang tepat selama musim hujan

Ini Cara Mencegah Anak Jatuh Sakit Saat Musim Hujan

Credit: doradoes.co.uk

Agar si kecil tidak kedinginan, coba pakaikan pakaian yang berlais. Jika tidak ingin terlalu banyak pakaian yang digunakan, berikan pada anak pakaian yang memang benar- benar membuat dirinya merasa nyaman dan hangat.

Dan jika kaki si kecil dingin, cobalah untuk mengenakan kaus kaki untuknya. Meskipun terlihat sepele, kaus kaki dapat membuat anak merasa lebih hangat.

 

Itu dia kelima cara mencegah anak jatuh sakit saat musim hujan. Jangan lupa untuk selalu memberikan pada anak Enervon-C dalam bentuk syrup yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks. Selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anak, Enervon-C juga dapat memelihara kesehatan si kecil pada musim hujan.

 

 

Featured Image - healthyessentials.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!