Agar kondisi badan terjaga dengan baik , kamu perlu menjaga waktu tidur secara disiplin. Di bulan Ramadan, pola tidur kamu mungkin akan mengalami perubahan dikarenakan munculnya jadwal sahur di dini hari. Sehubungan dengan itu, bagaimana cara agar bisa menahan rasa kantuk selama bulan Ramadan? Berikut adalah 4 tips untuk menghindari rasa kantuk selama berpuasa.

1. Menjajal Power Nap

Kamu disarankan mengambil power nap atau tidur selama 20 menit di sela-sela kegiatan. Hal ini ditujukan agar kamu dapat memulihkan stamina yang hilang saat beraktivitas. Waktu istirahat 20 menit ini patut dicoba kamu yang sering merasa ngantuk saat menyetir motor atau mobil pada jarak jauh.

Kamu bisa melakukan power nap di dalam mobil atau tempat lain yang bernuansa tenang. Perlu diingat, power nap sebaiknya tidak dilakukan lebih dari 20 menit. Tujuannya agar kamu tidak merasa lelah akibat tidur terlalu nyenyak. Jadi, ambil secukupnya saja ya!

2. Mengecek Lingkungan Tidur

Di Bulan Ramadan, kamu mungkin akan kehilangan jam tidur normal. Oleh sebab itu, pastikan kamu memiliki waktu istirahat malam yang berkualitas. Kamu bisa mencapai hal itu dengan membuat kamar berada dalam kondisi tenang.

Jangan lupa juga untuk mengatur pencahayaan yang minim agar tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Jika perlu, pakailah earplug atau masker mata untuk memudahkan mata terlelap lebih cepat. Pokoknya, perhatikan lingkungan tidur apabila ingin mendapatkan jam tidur berkualitas ya!

3. Tidur Lebih Awal

Apabila ingin mendapatkan waktu tidur 7-8 jam, kamu membutuhkan pengaturan jadwal yang benar. Biasanya, orang memulai waktu tidur malam dari pukul 23.00 di hari-hari biasa. Nah, khusus untuk bulan Ramadan, kamu bisa memulai waktu tidur lebih awal, yakni 22.00.

Dengan mengambil waktu tidur lebih awal, kamu dapat lebih siap bangun pada pukul 03.000 untuk persiapan sahur. Waktu tidur yang hilang nantinya dapat diganti pada waktu siang hari atau di tengah-tengah rutinitas sehari-hari. Setuju, bukan?

4. Mengecek Pola Makan

Pada bulan Ramadhan, kamu sebaiknya tetap memerhatikam pola makan agar jam tidur tetap tercukupi. Jauhi makanan yang terlalu pedas, mengandung minyak terlalu banyak, kaya akan kalori dan gula, dan lain-lain. Untuk mengolah makanan-makanan tersebut, sistem pencernaan bakal membutuhkan waktu ekstra sehingga waktu tidur kamu bisa terganggu.

Selain itu, kamu bakal merasakan efek samping usai menyantap makanan-makanan tersebut. Misalnya seperti rasa panas di dada usai mengonsumsi asupan pedas atau munculnya tambahan lemak setelah menyantap gorengan. Jadi, tetap perhatikan pola makan selama berpuasa ya!

Demikian 4 tips agar tetap sehat dan terhindar dari kantuk selama berpuasa Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu yang mudah terserang kantuk saat beraktivitas. Selamat mencoba 4 tips di atas ya!

Source: detik.com

Feature image - .beachradiovernon.ca