Memiliki bakat menulis itu luar biasa, lho. Karena setiap ide yang ada di kepala butuh rangkaian kata yang baik agar dapat mudah dimengerti oleh orang yang membacanya. Dengan menulis, kamu dapat menyalurkan pikiran, berbagi opini, atau bahkan jadi inspirasi orang lain.

Jika kamu memiliki bakat menulis, berikut ini adalah macam- macam pekerjaan menyenangkan sesuai passion yang bisa jadi pilihan karirmu!

1. Blogger atau reviewer

Credit: metodeku.com

Untuk menjadi seorang blogger, kamu harus suka menulis sesuatu yang bermanfaat. Kalau ingin mendapatkan pendapatan dari pekerjaan ini, kamu harus mengisi blog dengan berbagai tulisan dan berusaha untuk membesarkan tulisan tersebut.

Kamu bisa dibayar jika menampilkan iklan orang lain di blog. Dan nantinya blog mu bisa seperti majalah yang menyediakan ruang untuk beriklan.

2. Jurnalis

Credit: pribuminews.co.id

Bekerja sebagai jurnalis itu mengasyikkan. Karena kamu bisa bertemu dan mewawancarai narasumber secara langsung sebagai bahan berita yang akan kamu buat. Biasanya tugas jurnalis dimulai dari meliput, memuat berita, lalu menyebarkan peristiwa yang bernilai berita kepada audiens melalui media massa, baik cetak atau elektronik.

3. Novelis

Credit: kupang.tribunnews.com

Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memiliki daya khayal tinggi. Daripada khayalanmu cuma disimpan sendiri, mendingan tuangkan hal- hal tersebut dalam sebuah novel. Jangan pernah ragu untuk mengirimkan karyamu ke penerbit. Karena kalau ceritamu menarik, penerbit pasti tidak akan ragu untuk mencetak ceritamu ke dalam sebuah novel. Dan dari setiap novel, kamu pasti akan diberikan royalty.

4. Penulis naskah atau scenario

Credit: penulispro.net

Sebagai penulis naskah, kamu perlu menciptakan dan menulis cerita dalam bentuk scenario. Tahapannya dimulai dari membuat ide cerita, menjabarkannya dalam bentuk synopsis, lalu menuangkannya dalam bentuk treatment dan scenario. Biasanya penulis naskah memiliki keahlian membuat transkrip sebuah film, atau membuat film dalam bentuk tertulis.

5. Copywriter

Credit: neilpatel.com

Tugas seorang copywriter biasanya berkaitan dengan bidang iklan atau komersial. Tujuannya untuk mempromosikan sesuatu produk melalui kata- kata. Disini tulisanmu akan menjadi bentuk komunikasi sebuah merk terhadap calon konsumen agar tepat sasaran.

6. Media relation

Credit: kinibisa.com

Dalam menjalin sebuah hubungan dengan media, biasanya diperlukan pemahaman media. Tujuan seorang media relation adalah untuk mengetahui bagaimana caranya membuat seorang public relation memahami suatu media yang digunakan untuk menjual atau membuat image positif dari suatu perusahaan.

 

Itulah beberapa macam- macam pekerjaan buatmu yang suka menulis. Selamat mencoba ya!

 

 

Featured Image - cnn.com