Yang namanya pekerjaan pasti tidak hanya menuntut tanggung jawab tapi juga waktu. Sebagian darimu mungkin pernah berpikir kalau waktumu selalu dihabiskan dengan bekerja, sampai- sampai kamu selalu pulang malam dan tidak bisa melakukan kegiatan lain setelahnya.

Kalau kamu merasakan hal ini, coba deh pertimbangkan beberapa bidang pekerjaan berikut ini karena hampir semua pekerjaannya memiliki waktu yang fleksibel. Yuk, simak ya ulasannya.

1. Tidak perlu bingung mau kemanapun, jadi blogger membuatmu jadi memiliki banyak waktu

Credit: blibli.com

Memang, tidak semua blogger bisa langsung sukses begitu saja. Tapi, semuanya butuh proses. Kalau sudah melewati awal yang sulit, lama kelamaan menjalani bidang pekerjaan ini akan membuatmu ketagihan.

Diawal, tidak ada salahnya kamu terlibat dalam mengembangkan blog orang lain. Nanti ketika sudah memiliki pengalaman, kamu bisa mulai mengembangkan blogmu sendiri. Jam kerjanya juga fleksibel, sesuai keinginanmu.

2. Bisa bekerja dimana saja, coba deh jadi freelancer

Credit: varchars.com

Bidang pekerjaan ini sedang banyak diminati oleh para anak milenial. Bagaimana tidak, menjadi freelancer sama dengan melakukan hobi yang dibayar. Kalau kamu jago desain, bisa jadi freelancer dibidang grafik desainer. Begitu juga dengan kemampuan atau hobi lain yang kamu miliki, bisa membuatmu dibayar meskipun tidak kerja full time.

3. Ingin punya banyak relasi? Coba jadi guru privat

Credit: listenandlearn.org

Selain mengembangkan pengetahuanmu, menjadi guru bisa jadi hal yang cocok untukmu yang suka mengajar. Kamu bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan dan dapat mengatur jam kerjamu sendiri.

Pemasukan yang kamu dapatkan juga bisa diatur. Dan jika kamu ingin pemasukanmu lebih banyak lagi, maka kamu sudah tahu berapa banyak waktu les yang perlu diambil.

4. Menjadi penerjemah

Credit: maevaeverywhere.com

Zaman sekarang semuanya sudah serba teknologi dan butuh bahasa asing. Kamu yang jago bahasa asing, coba deh jadi penerjemah. Tidak hanya melalui email, kamu juga bisa jadi penerjemah langsung atau interpreter. Selain mengasah kemampuan, kamu bisa bertemu banyak orang dan menambah wawasanmu, lho.

5. Jadi penulis juga punya jam kerja yang fleksibel

Credit:talentegg.ca

Entah kamu bekerja untuk suatu perusahaan atau untuk dirimu sendiri, jadi penulis merupakan salah satu bidang pekerjaan yang memiliki waktu luang.

Yang menyenangkan jadi seorang penulis adalah kamu bisa melakukan apa saja yang kamu mau di saat orang lain bekerja. Selain itu, pemasukkan penulis juga cukup tinggi, mengingat sekarang dunia digital sedang berkembang pesat.

6. Hobi yang dibayar lainnya adalah fotografer

Credit: dinosoftlabs.com

Jika kamu memiliki passion yang kuat di dunia foto, tidak ada salahnya mencoba jadi fotografer. Untuk branding, buatlah portofolio tentang karyamu dan mulailah meminta pendapat kepada orang terdekatmu mengenai hasil jepretanmu. Kursus fotografi sekarang juga sudah banyak. Dengan belahar dan keinginan penuh, kamu pasti bisa jadi fotografer professional.

 

Itulah bidang pekerjaan yang memiliki jam fleksibel. Semuanya tergantung dari kebutuhan dan keinginanmu. Kalau kendalamu selama ini adalah waktu, maka kamu bisa mencoba melakukan salah satu dari bidang pekerjaan di atas. Kira- kira kamu tertarik mencoba yang mana nih?

 

 

Featured Image - techradar.com