Liburan adalah hal yang menyenangkan bagi semua orang. Berlibur merupakan salah satu cara untuk istirahat sejenak dari rutinitas sehari- hari.

Namun, jangan sampai kamu sakit saat liburan. Bakalan jadi rugi banget deh kalau sakit saat liburan. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri agar tidak jatuh sakit saat berpergian.

Berikut ini tips liburan anti sakit yang bisa kamu terapkan.

1. Persiapkan diri sebelum berangkat

Credit: runtastic.com

Sebelum berangkat berlibur kamu tetap harus istirahat yang cukup. Tidur 6-8 jam agar kamu tidak lemas di tempat liburan. Selain itu, kamu juga harus mengonsumsi makanan bergizi dan cukup minum agar tubuhmu tetap fit dan segar. Atau kamu juga bisa melakukan vaksin untuk beberapa penyakit yang mudah menular saat travelling seperti hepatitis A dan tipes.

2. Rajin mencuci tangan

Credit: webcomicms.net

Selama berlibur jangan lupa untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun. Dengan begitu, kamu bisa mencegah terjadinya infeksi yang menular dari tanganmu yang kotor.

Selalu cuci tanganmu sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, dan saat tanganmu terkena kotoran. Jika kamu tidak menemukan tempat cuci tangan, kamu bisa menyiasatinya dengan cairan pembersih tangan.

3. Hindari makan sembarangan

Credit: popbela.com

Salah satu hal menyenangkan saat berlibur adalah mencicipi kuliner setempat. Namun, kamu tetap harus selektif memilih makanan. Jadi, coba pilihlah makanan yang bersih dan higienis. Makanan yang terkontaminasi bakteri atau virus bisa menyebabkan diare, tipus, hepatitis A, dan keracunan makanan.

4. Memakai masker

Credit: depositphotos.com

Memakai masker menjadi alternative agar tidak mudah tertular penyakit. Banyak bakteri dan virus yang mudah menular melalui pernapasan. Begitu juga jika kamu berpergian ke tempat yang banyak debu, jadi ada baiknya kamu memakai masker.

5. Istirahat yang cukup

Credit: runnersworld.co.za

Pergi berlibur bukan berarti kamu tidak butuh istirahat yang cukup. Justru aktivitas liburan membuatmu lebih banyak berjalan dan bergerak membuatmu butuh istirahat lebih. Mungkin memang terasa sayang jika waktu liburan malah dipakai untuk tidur. Tapi, hal ini lebih baik daripada waktu liburanmu terbuang karena kamu sakit akibat kurang tidur. Jadi, tetap cukupi kebutuhan tidurmu saat liburan, ya.

6. Membawa obat- obatan dasar

Credit: airlines-airports.com

Walaupun sudah mempersiapkan segalanya, kecelakaan kecil atau sakit ringan mungkin bisa menyerang. Jadi, tidak ada salahnya membawa obat- obatan dasar seperti Pereda demam dan Pereda nyeri. Ini penting apalagi jika ternyata tempat liburanmu jauh dari apotik.

7. Pakai tabir surya

Credit: skin.eminacosmetics.com

Selalu pakai tabir surya sebelum terpapar sinar matahari. Jika tidak, kamu bisa mengalami sunburn. Apalagi jika kamu pergi ke daerah yang panas, seperti pantai. Selain itu, kamu bisa memakai pelindung tambahan seperti topi dan paying.

 

Nah, itulah beberapa tips liburan anti sakit yang bisa kamu terapkan. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks, untuk bantu jaga daya tahan tubuhmu biar nggak gampang sakit, terutama saat berlibur. 

 

 

Featured Image - fodors.com