Kamu membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Salah satu vitamin yang penting adalah vitamin C.

Vitamin C berperan penting dalam menjaga sistem daya tahan tubuh, berperan sebagai antioksidan, membantu penyembuhan luka, dan membangun kembali sel- sel tubuh yang rusak. Bahkan, mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat mempercepat hilangnya gejala flu dan pilek.

Tapi, banyak yang beranggapan bahwa vitamin C akan hilang, jika terlalu banyak minum air. Benarkah?

Vitamin C ada yang bersifat larut air

Credit: hellosehat.com

Tidak seperti vitamin yang larut lemak, vitamin C yang bersifat larut air ini tidak dapat disimpan oleh tubuh dalam jumlah yang terlalu banyak. Setelah dicerna, vitamin C masuk ke dalam pembuluh darahmu dan larut di dalam darah.

Vitamin C akan terus dikeluarkan oleh tubuh seiring dengan keluarnya urin dan keringat. Setiap kamu minum air yang banyak, tubuh juga akan mengeluarkan cairan yang jumlahnya cukup banyak. Jadi, apakah hal ini mempengaruhi jumlah vitamin C karena vitamin ini larut air?

Apakah banyak minum air bisa menguras vitamin C keluar dari tubuh?

Credit: hellosehat.com

Menjaga kadar cairan dalam tubuh tetap normal adalah hal yang penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, tidak masalah jika kamu meminum banyak air putih. Kebiasaan ini justru dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan mencegah berbagai vitamin dan mineral terbuang melalui keringat dan urin.

Tubuh akan tetap mengeluarkan cairan dalam kondisi apapun, ketika kamu kurang atau cukup minum. Saat kamu tidak terlalu banyak minum, tubuh tetap mengeluarkan cairan lewat keringat atau urin. Vitamin dan mineral yang larut dalam air dapat dikeluarkan melalui cairan ini, termasuk vitamin C. Jadi, tidak terbukti jika terlalu banyak minum air membuat vitamin C terkuras oleh tubuh.

Jangan khawatir, tubuhmu memiliki pengaturannya sendiri dalam mengatur simpanan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menunjang fungsi tubuh. Saat vitamin C berhasil dicerna dan diserap tubuh, vitamin ini akan langsung masuk ke dalam aliran darahmu. Kemudian, tubuh akan menyimpan vitamin C sesuai kebutuhan dan mengeluarkan sisa yang tidak dibutuhkan melalui urin dan keringat.

Berapa banyak vitamin C yang harus diminum untuk mencegah kekurangan?

Credit: parenting.orami.co.id

Untuk menjaga jumlah vitamin yang larut air seperti vitamin C, maka kamu harus mengonsumsi sumber vitamin C cukup sering dan banyak. Karena, vitamin ini akan selalu dikeluarkan melalui urin dan keringat.

Menurut angka kecukupan gizi, vitamin C diperlukan laki- laki dewasa sekitar 90 mcg, sedangkan wanita dewasa sebesar 75 mcg.

Kamu bisa menemukan vitamin C yang cukup tinggi dalam bentuk makanan, seperti:

  • Buah- buahan, seperti papaya, mangga, kiwi, berbagai jenis jeruk, nanas, strawberry, dan anggur.
  • Sayuran. Seperti brokoli, kembang kol, bayam, tomat, dan berbagai macam cabai.

Selain dari buah dan sayuran, cukupi kebutuhan vitamin C kamu dengan mengonsumsi suplemen vitamin C dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Atau Enervon Active yang mengandung non acidic vitamin C sehingga aman di lambung dan Zinc yang membuatmu tetap aktif dan nggak gampang lelah.

 

 

Featured Image - klikdokter.com