Penderita diabetes biasanya berisiko mengalami komplikasi karena kadar gula darah yang tinggi. Salah satu gangguan kesehatan yang sering muncul pada penderita diabetes adalah neuropati.

Neuropati diabetes adalah kerusakan saraf yang ditandai dengan gejala seperti rasa kebas, kesemutan, rasa terbakar, dan sakit. Jika tidak segera diatasi, saraf tubuh akan rusak dan tidak bisa merasakan sakit. Dan akibatnya, obat yang dikonsumsi pun tidak bisa sampai ke saraf yang rusak.

Untuk mencegah hal ini, penderita diabetes harus memperbanyak asumsi vitamin B Kompleks seperti vitamin B1, B6, dan B12 yang baik untuk kesehatan saraf.

Selain dengan mengonsumsi vitamin yang mengandung vitamin B kompleks, seperti dalam Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B Kompleks, penderita diabetes juga bisa mengonsumsi makanan untuk mencegah kerusakan saraf.

Ini dia makanannya.

1. Telur

Credit: cheatsheet.com

Salah satu sumber vitamin B12 yang mudah dikonsumsi adalah telur. Tidak hanya kaya akan protein, telur juga mengandung sejumlah vitamin B dan biotin (B7) dalam jumlah besar. Selain itu, bagian kuning telur juga mengandung vitamin B1 (theanine) yang befungsi untuk mencegah kerusakan saraf pada penderita diabetes.

2. Ikan salmon

Credit: pbs.org

Kaya akan vitamin B kompleks, ikan salmon juga mampu mencegah neuropati yang dialami oleh penderita diabetes. Tiga ons ikan salmon setidaknya dapat memenuhi asupan B6 harian hingga 46 persen. Selain itu, ikan salmon juga mengandung vitamin B1 dan B12, yang membuatnya semakin ampuh dalam menjaga kesehatan saraf.

3. Wortel

Credit: pbs.org

Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B6 yang tidak kalah tinggi dari segelas susu, lho. Kandungan vitamin B6 dalam wortel dapat menjaga kesehatan saraf, terutama pada penderita diabetes. Dan wortel juga dapat membantu memproduksi sejenis protein pelindung saraf, yang disebut myelin.

4. Kerang

Credit: idntimes.com

Hidangan laut yang satu ini tidak hanya lezat tapi juga kaya akan gizi. Kerang merupakan sumber protein yang baik dan mengandung vitamin B12. Bahkan, kamu bisa memenuhi 3300 persen kebutuhan tubuh harian hanya dengan mengonsumsi 20 keras kecil.

Kerang juga kaya akan zat besi dan antioksidan. Berbagai kandungan ini dapat memperbaiki jaringan saraf yang rusak dan melindunginya.

5. Bayam

Credit: labmanager.com

Tubuh membutuhkan asupan vitamin B6 untuk dapat menyerap vitamin B12 dengan baik. Salah satu sumber vitamin B6 terbaik adalah sayur bayam.

Setiap 100 gram bayam setidaknya mengandung 0,04 mg vitamin B6. Jadi, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak bayam agar terhindar dari gangguan neuropati.

 

Nah, itulah kelima makanan yang kaya akan vitamin B kompleks untuk mencegah neuropati pada penderita diabetes. Dan jangan lupa untuk konsumsi Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks yang bantu jaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit dan terhindar dari gangguan saraf.

 

 

Featured Image - hellofresh.co.uk