Biasanya dalam lowongan kerja ada syarat seseorang harus sanggup bekerja secara individual atau teamwork. Kebanyakan perusahaan mengharuskan karyawannya bisa bekerja secara tim. Alasannya, kerja teamwork dipercaya dapat memberikan hasil yang lebih optimal.

Namun, tidak semua orang bisa bekerja secara tim, ada pula yang lebih nyaman bekerja sendiri. Lalu, kamu tipe yang mana? Kerja teamwork atau kerja sendiri?

Kerja Sendiri

Untuk kamu yang memiliki ciri- ciri di bawah ini, mungkin kamu termasuk seseorang yang suka bekerja sendiri. Coba di perhatikan!

1. Memiliki ego yang cukup tinggi

Credit: hellosehat.com

Karena ego yang cukup tinggi, kamu selalu pede untuk bekerja sendiri karena yakin sanggup menyelesaikan semuanya sendiri, tanpa berbagai dengan orang lain. Dan lebih dari itu, terkadang kamu ingin menunjukkan bahwa kamu bisa sukses tanpa bantuan orang lain.

2. Perfeksionis

Credit: hellosehat.com

Untuk kamu yang suka bekerja sendiri, pasti kamu sering merasa stres kalau bekerja secara teamwork. Hal ini dikarenakan, kamu lebih suka bekerja seorang diri agar hasilnya lebih sempurna dengan standar yang dibuatmu sendiri.

3. Well- organized

Credit: makeawebsiteguru.com

Tipikal orang yang suka bekerja sendiri, pasti jago deh dalam membuat planning dengan matang dan terorganisir. Kamu selalu patuh dengan perencanaan yang sudah dibuat. Karyawan yang suka bekerja sendiri agak sulit untuk bekerja secara teamwork, karena akan bentrok dengan yang lain jika ada perbedaan pendapat soal perencanaan.

4. Temperamental

Credit: mommyasia.id

Bagi kamu yang suka bekerja sendiri, kamu mungkin sering tidak sabaran ketika berhadapan dengan orang lain, jadi sulit untuk bekerja teamwork. Kamu sering merasa bahwa orang lain lambat dan tidak dapat mengimbangi dirimu.

5. Rasa tidak aman

Credit: femina.co.id

Bekerja itu selalu diidentikan dengan kompetisi. Siapa yang terbaik, maka dialah yang akan menang. Wajar ketika rekan kerja dianggap sebagai rival dan membuatmu tidak aman dalam bekerja secara teamwork.

Lalu, siapa yang nyaman bekerja dalam teamwork?

Credit: hr-gazette.com

Seperti yang sudah diketahui, dunia kerja zaman sekarang ini hampir semuanya mengandalkan teamwork. Kenapa? Karena tiap orang memiliki keahlian yang berbeda- beda. Perbedaan inilah yang membuat suatu tim kerja memiliki spesialisasi masing- masing.

Ada yang jago dalam bidang hitung- hitungan, ada yang pintar dalam tekniknya, atau jago soal kreativitas. Bayangkan kalau semuanya dijadikan satu, pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, untuk kamu yang memang memiliki keahlian tertentu, kamu mungkin cocok deh bekerja dalam tim agar bisa mencapai hasil yang lebih maksimal. Selain itu, jika kamu memiliki tipikal suka menolong, kemungkinan besar kamu cocok nih untuk bekerja secara teamwork.  Karena harus diakui, si penolong ini lah yang memiliki peranan besar dalam teamwork.

Dan, orang yang tidak ambisius juga asyik diajak untuk kerja dalam tim. Orang dengan tipe ini kurang suka menonjolkan diri dan merasa semua prestasi kerja adalah hasil kerja bersama.

Nah, itulah beberapa ciri- ciri orang yang bekerja sendiri atau teamwork. Kalau kamu sendiri termasuk tipikal yang mana nih? Dan apapun pilihanmu, yang paling penting adalah bekerja secara maksimal dan tetap bertanggung jawab, ya!

 

 

Featured Image - vanderhouwen.com