Virus corona atau corona virus menjadi masalah kesehatan global sejak awal tahun 2020. Penyakit yang menyerang paru- paru ini menyebar di wilayah Wuhan, China. Namun, saat ini virus corona sudah menyebar hingga ke wilayah Hong Kong.

Apa Itu Virus Corona dan Penyebabnya

Credit: cnnindonesia.com

Virus corona termasuk ke dalam keluarga besar virus yang biasanya menjangkit hewan, namun lambat laun dapat berevolusi dan menyebar ke manusia. Menurut pihak berwenang di China, beberapa pasien yang terjangkit virus corona awalnya melakukan kontak dengan makanan laut yang dijual di pasar.

Gejala pertama yang akan terlihat pada manusia yang terinfeksi virus ini yaitu demam, batuk, sesak napas, dan kemudian berkembang menjadi Pneumonia. Selain menyebabkan Pneumonia, dikhawatirkan virus corona dapat memicu kebangkitan penyakit SARS yang menular. Hal ini dikarenakan penyebab penyakit ini adalah virus baru dari keluarga yang sama dengan SARS.

Adanya kekhawatiran penyakit ini mendorong pihak berwenang di banyak negara untuk mengambil tindakan pencegahan termasuk meningkatkan disinfeksi kereta, pesawat terbang, serta melakukan pemeriksaan terhadap penumpang.

Ciri- Ciri Virus Corona

Credit: medicalnewstoday.com

Ada tiga gejala yang perlu kamu waspadai, yaitu demam karena adanya radang pada jaringan paru, batuk baik kering maupun berdahak, dan kesulitan bernapas. Tetapi, bukan berarti saat ketiga gejala tersebut timbul pada seseorang, bisa dipastikan orang tersebut terkena virus corona, ya.

Disarankan, saat mulai timbul gejala demam, batuk, serta mengalami kesulitan bernapas seperti dada terasa berat, napas pendek, atau sesak sebaiknya segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Tips Mencegah Penularan Virus Corona

Credit: mostvaluablenetwork.com

Sampai saat ini belum ada vaksin khusus untuk virus corona. Namun, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mencegah dan menghindari tertular virus corona.

  1. Cuci tangan. Sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 21 detik. Pastikan tangan, jari, dan kuku kamu bersih dari kotoran dan kuman.
  2. Hindari menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan yang tidak bersih.
  3. Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit.
  4. Gunakan masker, terutama ketika kamu berpergian ke tempat yang banyak debu maupun polusi.
  5. Terapkan pola hidup bersih dan sehat. Seperti Konsumsi makanan bergizi dengan menu seimbang dan lengkapi asupan dengan buah serta sayur. Lalu, lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, penuhi kebutuhan cairan tubuh dan istirahat yang cukup. Hal- hal ini dilakukan agar sistem imun kamu tetap terjaga, sehingga kamu tidak mudah terjangkit virus maupun penyakit.

Selain itu, konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks yang tersedia dalam bentuk tablet dan juga effervescent, untuk menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit. Dan untuk kamu yang memiliki aktivitas padat, konsumsi Enervon Active. Dengan kandungan vitamin C, B kompleks, dan Zinc nya dapat membantu kamu agar tetap aktif dan tidak mudah lelah.

Namun, jika kamu mengalami gejala- gejala tersebut, usahakan untuk tidak menularkan virus kepada orang lain. Kamu bisa tetap beristirahat di rumah, hindari kontak dekat dengan orang lain, tutup mulut dan hidung dengan masker atau tisu saat batuk dan bersin, dan bersihkan benda- benda di sekitarmu.

 

Featured Image - economictimes.indiatimes.com