Setiap hari kamu mungkin merasa seperti dikejar- kejar waktu. Pekerjaan seakan tidak selesai- selesai. Hal ini tentu saja dapat membuat tubuhmu jadi kelelahan. Jika tidak ditangani dengan baik, kelelahan bisa berdampak negative terhadap aktivitas sehari- hari.

Selain itu, kondisi ini juga dapat menurunkan daya tahan tubuhmu. Oleh karena itu, berikut ini tips untuk memulihkan stamina selama bekerja.

1. Pilih makanan yang menyimpan energi

Credit: seriouseats.com

Sarapan yang tepat sangat penting bagi produktivitas harianmu. Cobalah sarapan dengan makanan yang dapat memberikan energi dan menjaga stamina mu, seperti telur orek dan roti gandum. Dan saat makan siang, konsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan sayuran kaya serat, seperti salad.

2. Stretching

Credit: team-prestige.com

Setelah bangun tidur dan sebelum pergi beraktivitas, sempatkan untuk melakukan beberapa gerakan stretching ringan agar ototmu tidak tegang. Atau ketika di siang hari kamu mulai merasa lelah, coba lakukanlah stretching ringan agar tubuhmu kembali segar dan stamina pun akan kembali pulih.

3. Atur jadwal minum kopi

Credit: businessinsider.com

Sebuah penelitian di AS mengungapkan bagaimana kafein dapat mempengaruhi hormon kortisol manusia. Hormon ini akan mencapai puncaknya setiap jam 8 dan 9 pagi.

Jadi, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi kafein pada waktu tersebut. Karena mengonsumsi kafein saat hormon kortisol sedang tinggi dapat membuat tubuh jadi kecanduan, dan keinginan tubuh akan kafein akan semakin meningkat dari hari ke hari. Minuman berkafein akan lebih baik jika dikonsumsi setelah pukul 9 pagi untuk menjaga produksi hormon kortisol tetap stabil.

4. Lakukan tugas yang sulit terlebih dahulu

Credit: inc.com/jessica-stillman

Selalu dahulukan untuk mengerjakan tugas- tugas yang sulit terlebih dahulu di awal hari. Penelitian menemukan bahwa para karyawan memiliki waktu yang paling produktif pada hari Senin mulai jam 10 pagi. Jadi, manfaatkan sebaik- baiknya waktumu, agar stamina lebih terjaga dengan baik dan pekerjaan pun selesai tepat waktu.

5. Pilih camilan yang tepat

Credit: foodnetwork.com

Ketika stamina mulai menurun di tengah hari, coba konsumsi camilan yang tepat, seperti yogurt dan kacang. Makanan ini dapat memberikan energi yang padat dan protein yang tinggi, sehingga stamina mu dapat kembali pulih. Jika stamina dan energimu mulai menurun setelah makan siang, coba konsumsi buah yang kaya antioksidan atau dark chocolate.

6. Makan siang atau sekedar berjalan- jalan di luar kantor

Credit: indianexpress.com

Meluangkan waktu setidaknya 10 menit dengan berjalan kaki untuk sekedar membeli makan siang dapat meningkatkan stamina, energi, dan juga suasana hatimu. Selain itu, dengan cara ini kamu bisa menghirup udara segar.

7. Refreshing

Credit: oprah.com

Sempatkan dirimu untuk membasuh muka atau pergelangan tanganmu dengan air dingin, sehingga membantu melancarkan peredaran darah. Atau kamu bisa duduk dengan tegak di kursi dan putar kepala untuk mengurangi ketegangan pada otot. Gelengkan kepala ke kiri dan kanan, serta depan dan belakang seperti gerakan stretching.

 

Nah, itu dia beberapa tips untuk memulihkan kembali stamina mu saat bekerja. Dan agar kamu tetap aktif dan nggak gampang lelah, konsumsi Enervon Active setiap hari yang mengandung vitamin C dan zinc yang aman di lambung.

 

 

Featured Image - wellandgood.com