Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan virus corona yang berawal di Wuhan, China dan dikhawatirkan akan menyebar ke berbagai negara lainnya. Virus ini menyebabkan masalah pada paru- paru dan pernapasan, termasuk Pneumonia.

Menurut data WHO, gangguan pernapasan sendiri sudah menelan korban sekitar 3 juta jiwa per tahunnya. Udara yang kotor dan berpolusi, serta gaya hidup yang kurang bersih dan sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan paru- paru.

Jadi, jaga kesehatan paru- paru dengan mengonsumsi makanan sehat serta menerapkan gaya hidup sehat dan bersih. Hal ini dilakukan agar sistem imum kamu tetap terjaga, sehingga tidak mudah terjangkit virus maupun penyakit.

Dalam menjaga kesehatan paru- paru, kamu bisa mengonsumsi beberapa buah seperti berikut ini.

1. Apel

Credit: newfoodmagazine.com

Apel kaya akan sumber antioksidan dan fitokimia, seperti katekin, asam klorogenat, dan floridzin, yang dapat membantu mengurangi risiko asma, kanker, peradangan, dan penyakit kardiovaskulat.

Konsumsi apel setiap hari saat sarapan atau sebagai camilan untuk menjaga kesehatan paru- paru. Senyawa yang ditemukan dalam apel, seperti flavonoid dan khellin, secara efektif dapat membuka saluran udara tubuh sehingga pernapasan semakin lancar.

2. Beri

Credit: saga.co.uk

Beri- berian seperti strawberry, cranberry, blackberry, dan blueberry mengandung asam fenolik, flavonoid, tanin, asam askorbat, dan fitokimia. Zat- zat ini dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi jantung, dan melawan berbagai jenis kanker.

Kamu bisa mengonsumsi beri yang dijadikan dalam bentuk smoothies atau dijadikan sebagai camilan.

3. Apricot

Credit: brainfitresorts.com

Tidak hanya lezat, apricot juga dapat menjadi pelindung yang kuat bagi paru- paru. Para peneliti menemukan bahwa apricot adalah sumber vitamin C, E, betakaroten, dan likopen yang baik untuk tubuh.

Aprikot memiliki sifat antialergi, antimikroba, anti-inflamasi, dan antikanker yang mampu menjaga kesehatan paru- paru kamu. Konsumsi apricot dengan menambahkannya ke dalam salad, smoothies, atau sebagai camilan.

4. Blewah

Credit: grid.id

Radikal bebas dapat merusak paru- paru dan menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker paru- paru. Blewah mengandung vitamin B dan C yang memiliki potensi untuk melawan radikal bebas. Jika kamu memiliki riwayat asma atau masalah pernapasan lainnya, coba untuk mulai mengonsumsi blewah, jeruk, atau lemon.

5. Jeruk Bali

Credit: halegroves.com

Jeruk bali merupakan buah rendah kalori yang menjadi sumber vitamin C, vitamin B6, tiamin, asam folat, dan magnesium. Jeruk Bali juga mengandung bioaktif flavon dan naringenin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Mengonsumsi setidaknya setengah buah jeruk bali saat sarapan, dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mengurangi peradangan pada sistem pernapasan.

6. Alpukat

Credit: philmaffetone.com

Alpukat kaya akan vitamin C, B6, E, K, riboflavin, asam pantotenat, dan niacin, serta asam lemak tak jenuh ganda. Kandungan- kandungan ini merupakan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas.

Mengonsumsi alpukat dapat membantu mengurangi radang sendi dan peradangan pada sendi, serta dapat menjaga kesehatan paru- paru. Konsumsi setengah buah alpukat setiap hari agar kesehatan saluran pernapasan tetap terjaga.

 

Nah, itulah keenam buah yang dapat menjaga sistem pernapasan kamu, terutama saat mewabahnya virus corona. Dan selalu konsumsi multivitamin dari Enervon-C dalam bentuk tablet atau effervescent yang menyegarkan.

Dan untuk kamu yang memiliki aktivitas padat, konsumsi Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc untuk membantu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah.

 

 

Featured Image - freshfruitportal.com