Apakah kamu termasuk ibu yang kerja dari rumah? Entah itu mengelola bisnis mandiri atau pekerja freelance yang memungkinkan kamu untuk kerja dari rumah.

Meski terlihat fleksibel, ibu yang kerja dari rumah juga tidak lepas dari berbagai tantangan. Karena, manajemen diri justru lebih sering diuji karena tidak ada aturan tegas dan banyaknya gangguan yang bisa menganggu konsentrasi, sepeti anak yang tiba- tiba rewe.

Tapi, jangan khawatir! Yuk, simak tips berikut ini agar kamu bisa sukses dan bekerja dari rumah dengan tenang.

1. Agenda harian dan prioritas

Credit: budtoboss.com

Saat kerja dari rumah, kendali pekerjaan tentu saja ada di tanganmu. Untuk memudahkan kamu mengatur pekerjaan, kamu perlu membuat agenda harian yang berisi kegiatan atau kerjaan apa saja yang harus kamu lakukan.

Pilah- pilah pekerjaan sesuai dengan prioritas yang mendesak dan penting terlebih dahulu, mendesak tetapi tidak begitu penting, dan penting tidak mendesak.

2. Disiplin target

Credit: happinesson.com

Meski kamu memiliki waktu kerja yang fleksibel, jangan sampai kamu menjadi teledor, ya! ingat, bahwa kamu perlu tetap disiplin pada agenda harian dan target yang sudah kamu susun sebelumnya.

3. Ruang bekerja

Credit: thespruce.com

Ada baiknya kamu menyiapkan ruang bekerja khusus di rumah yang nyaman dan bebas dari gangguan. Dekor ruangan kerjamu dengan suasana yang menyenangkan dan bisa meningkatkan konsentrasimu, ya. Selain itu, sesekali kamu juga bisa mencari suasana baru dengan bekerja di luar rumah. Seperti di kafe, atau sekedar bekerja di teras rumah yang sejuk.

4. Waktu tenang

Credit: kolaborato.com

Luangkan waktu khusus untuk kamu bekerja. Ada beragam tipe waktu tenang seperti di pagi hari, sore, malam, atau bahkan dini hari. Sesuaikan waktu ini senyamannya kamu, ya.

5. Cari dukungan

Credit: psychcentral.com

Dukungan dari orang- orang, terutama dari keluarga adalah hal yang paling penting. Sesederhana pasangan atau anggota keluarga yang membantu beban kerjamu atau sekedar memberikan kata semangat yang bikin kerjamu jadi semakin semangat. Apalagi, rasa jenuh dan bosan tentu saja menjadi tantangan bagimu yang kerja dari rumah.

6. Istirahat yang cukup

Credit: greatergood.berkeley.edu

Upayakan untuk tidur siang, ya. Kamu bisa meluangkan sekitar 15- 20 menit sehat di sela- sela waktu kerjamu. Selain dapat menyehatkan badan, tidur siang juga bisa membantumu kembali segar dan siap bekerja kembali.

7. Tingkatkan kapasitas dan peluang

Credit: hipwee.com

Jangan ragu untuk menghadiri talkshow, seminar, pertemuan komunitas, membaca buku, mengikuti kompetisi, dan peluang untuk meningkatkan kapasitas diri lainnya, ya.

Meski kamu bekerja dari rumah, ini bukan berarti bahwa kamu berhenti untuk belajar dan tidak lagi menjalin koneksi dengan dunia luar, lho!

 

Nah, itulah beberapa tips sukses untuk kamu para ibu yang kerja dari rumah. Coba yuk terapkan tips- tips tersebut. Meski kamu bekerja dari rumah, tetapi kamu harus tetap jaga kesehatan ya dengan mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, berolahraga, dan jangan lupa untuk konsumsi multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu biar tidak mudah sakit.

 

Featured Image - mediavillage.com