Sekarang ini, liburan tidak lagi dimaknai dengan sebuah hobi tetapi sebuah kebutuhan. Karena, liburan dapat digunakan sebagai ‘obat’ atas lelah yang kamu alami setelah setiap hari beraktivitas. Selain itu, berlibur juga menjadi solusi untuk menenangkan pikiran sejenak untuk mengembalikan semangat bekerja.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa biaya liburan itu tidaklah murah. Jadi, memang sebaiknya kamu memiliki tabungan khusus untuk liburan agar tidak menganggu keuangan lainnya.

Meskipun sudah disiapkan dengan matang, tetapi tidak jarang perencanaan budget liburan kamu meleset. Lalu kira- kira hal apa saja yang dapat membuat biaya liburanmu jadi membengkak? Coba perhatikan beberapa hal ini!

1. Transportasi di kota tujuan

Credit: brokelyn.com

Selain tempat menginap, transportasi juga penting dalam menunjang berbagai kegiatan liburanmu. Namun, ternyata transportasi merupakan salah satu penyebab anggaran liburanmu jadi membengkak, lho.

Hal ini terjadi bila di kota tujuan kamu belum ada transportasi umum yang memadai, sehingga memaksa kamu untuk menggunakan transportasi online atau taksi yang cukup mahal. Jadi, ada baiknya kamu menyewa kendaraan selama liburan, karena akan lebih menghemat anggaran.

2. Berbelanja oleh- oleh

Credit: christineabroad.com

Membelikan oleh- oleh untuk kerabat dan keluarga memang tidak salah, selama masih sesuai dengan budget. Hal yang menjadi masalah adalah ketika kamu terlalu banyak membeli oleh- oleh. Sebaiknya, prioritaskan kepada siapa saja kamu akan memberikan oleh- oleh tersebut, dan beli secukupnya saja.

3. Memilih tempat makan yang tidak sesuai kantong

Credit: insider.com

Jika kamu berlibur ke suatu tempat, ada baniknya kamu menjelajah budaya disana misalnya dalam hal kuliner. Pasti ada banyak kuliner menarik yang menunggu untuk dicoba. Namun, sebaiknya hindari tempat makan yang fancy karena biasanya memerlukan biaya lebih.

4. Itinerary yang kurang matang

Credit: tribunnews.com

Merencanakan perjalanan selama liburan cukup penting karena akan berdampak langsung pada keuangan. Terlebih, sekarang hampur setiap objek wisata memiliki tarif masuk yang berbeda- beda/

Membuat itinerary secara matang dapat mencegah membengkaknya anggaran liburanmu, karena dengan itinerary kamu sudah menentukan objek wisata apa saja yang akan dikunjungi dan harga tiket masuknya.

5. Tempat menginap yang fancy

Credit: booking.com

Selain transportasi, tempat menginap juga menghabiskan banyak anggaran. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memilih hotel atau rumah sewa yang biasa- biasa saja, tetapi tetap nyaman dan bersih. Kamu bisa menggunakan aplikasi pemesanan hotel online yang biasanya menawarkan harga penginapan yang lebih murah.

Dan yang perlu kamu ingat adalah selama liburan kamu akan menghabiskan waktu lebih banyak di luar penginapan. Jadi, pilihlah tempat menginap yang tidak terlalu mewah.

6. Ada juga yang disebut sebagai biaya tidak terduga

Credit: boundless.co.uk

Sebelum pergi berlibur, ada baiknya kamu menyiapkan berbagai anggaran untuk hal- hal yang tidak terduga, seperti misalnya terjadi kecelakaan yang mengharuskan kamu pergi ke rumah sakit atau bahkan kamu tergoda dengan berbagai diskon souvenir selama berlibur.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, disarankan kamu memiliki pos anggaran tersendiri agar tidak mengganggu liburan dan anggaranmu jadi tidak membludak.

 

Jadi, itulah hal- hal yang dapat membuat anggaran liburanmu membengkak. Coba, siapkan liburanmu dengan matang, ya termasuk hal- hal yang berkaitan dengan biaya.

 

 

Featured Image - mybackyardtour.com