Stunting merupakan hambatan pertumbuhan yang membuat anak memiliki tubuh lebih pendek dibandingkan dengan anak- anak lain pada usia yang sama. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan asupan nutrisi sejak anak berada dalam kandungan.

Stunting memang bersifat permanen, tapi perbaikan nutrisi akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak yang mengalaminya.

Pada dasarnya, semua jenis nutrisi penting bagi anak- anak yang mengalami stunting. Namun, berikut ini adalah beberapa nutrisi yang memiliki pengaruh paling besar bagi kesehatan anak- anak yang mengalami stunting.

1. Protein

Credit: kumparan.com

Tubuh membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, membentuk sistem kekebalan, menjadi bahan baku dari enzim dan hormon, serta menunjang pertumbuhan tulang, otot, dan organ- organ vital.

Protein adalah nutrisi yang sangat penting bagi anak stunting. Karena, anak stunting yang kekurangan protein akan lebih sulit untuk berkembang, lebih mudah kehilangan massa otot, mengalami patah tulang, dan terkena infeksi.

2. Zat besi

Credit: liputan6.com

Zat besi adalah mineral yang penting bagi pertumbuhan anak. Zat besi berkaitan dengan sel darah merah untuk membawa oksigen dari paru- paru ke seluruh tubuh. dengan begitu, setiap organ dan jaringan tubuh bisa berkembang sesuai fungsinya.

Kekurangan zat besi bisa menghambat pertumbuhan dan menyebabkan anemia. Bahkan, hal ini bisa menyebabkan terhambatnya perkembangan mental.

3. Zinc

Credit: thefitglobal.com

Zinc diperlukan untuk kelangsungan pertumbuhan, pembentukan sel, perkembangan sel menjadi jaringan dan organ tertentu, serta melindungi si kecil dari penyakit infeksi.

Kurangnya asupan zinc dapat memperparah kondisi anak yang stunting. Tidak hanya dapat menghambat pertumbuhan, kekurangan zinc juga dapat membuat anak mengalami gangguan kognitif, seperti kesulitan dalam belajar, gangguan memori, dan sulit untuk memusatkan perhatian.

4. Kalsium

Credit: alodokter.com

Fungsi utama kalsium adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk kesehatan sistem saraf, otot, dan jantung.

Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk anak stunting karena memiliki banyak manfaat. Tanpa adanya asupan kalsium yang cukup, anak stunting sangat berisiko mengalami masalah perkembangan tulang, kulit, kuku, dan gigi.

5. Karbohidrat

Credit: hellosehat.com

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Dengan adanya energi yang cukup, anak- anak stunting dapat beraktivitas secara leluasa sehingga otaknya terus terpancing untuk belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

Tubuh anak memerlukan energi untuk menjalani berbagai fungsi, termasuk menguraikan dan menyerap beragam nutrisi penting untuk pertumbuhan. Dan jika anak kekurangan karbohidrat, maka ini dapat menganggu metabolisme dan membuat anak cepat lesu.

 

Setiap nutrisi memiliki peran tersendiri untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan anak stunting. Anak- anak stunting membutuhkan jenis nurisi, tapi kelima nutrisi tersebut lah yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan.

Dan agar pertumbuhan si kecil semakin maksimal dan tubuhnya tetap sehat, berikan Enervon-C Plus Syrup, karena kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D nya mampu mencukupi kebutuhan vitamin anak, dan tentunya dapat membantu daya tahan tubuh si kecil, sehingga tumbuh kembang anak tidak terganggu.

 

Featured Image - parenting.orami.co.id