Mengajari anak hidup sehat harus dilakukan sedini mungkin, agar kebiasaan baik ini dapat diterapkan hingga anak besar nanti. Dengan mengajarkan anak hidup sehat, diharapkan ia bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Salah satu cara mengajari anak hidup sehat yaitu membuat ia sadar pentingnya asupan nutrisi yang cukup, olahraga yang rutin, menghindari berbagai makanan berkalori tinggi. Karena hal- hal ini bisa membahayakan kesehatannya di kemudian hari.

Selain itu, ada beberapa cara lainnya untuk mengajari anak hidup sehat. Apa saja cara tersebut? Ini dia ulasannya.

1. Mengatur porsi yang cukup

Credit: hellosehat.com

Prinsip sederhana yang bisa diajarkan pada anak tentang hidup sehat adalah jangan makan atau minum berlebihan. Salah satu cara untuk mengukur porsi makanan adalah membandingkannya dengan ukuran benda lain. Misalnya, konsumsi sayur atau buah sekitar satu kepal tangam, pasta sekitar satu scoop es krim, dan ikan atau daging sekitar sebesar telapak tangan.

Untuk buah, sayur, dan susu atau produk olahannya, berikan sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Asupan protein dan lemak, seperti daging atau ikan, boleh diberikan dua kali sehari. Dan asupan karbohidrat boleh diberikan hingga 4 kali sehari, asalkan dalam porsi yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak.

2. Biasakan anak mengunyah makanan secara perlahan

Credit: hellosehat.com

Anak akan mampu mengenali apakah ia masih lapar atau sudah kenyang ketika ia mengunyah secara perlahan. Jika anak ingin menambah makanan, minta ia tunggu sekitar 15 menit. Jika ia masih lapar, berikan tambahan dengan porsi yang lebih sedikit.

3. Jadikan makan bersama keluarga sebagai rutinitas

Credit: patcegan.wordpress.com

Ketika makan bersama, isi dengan percakapan dan cerita yang menyenangkan. Seperti, kamu bisa menjelaskan berbagai kandungan nutrisi dalam makanan yang sedang ia konsumsi dan apa fungsinya bagi kesehatan tubuh.

4. Jangan jadikan makanan sebagai hukuman atau penghargaan

Credit: pantau.com

Menghukum anak untuk langsung tidur tanpa memberinya makan malam hanya akan membuatnya jadi kelaparan. Sedangkan memberi permen atau makanan manis sebagai penghargaan akan membuat anak merasa bahwa jenis makanan tersebut lebih bernilai daripada makanan sehat.

5. Pastikan anak minum air putih

Credit: raisingchildren.net.au

Salah satu cara mengajari anak hidup sehat adalah membiasakannya minum air putih. Terlalu banyak mengonsumsi minuman soda atau minuman manis lainnya dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

6. Biasakan anak hidup aktif dan berolahraga

Credit: womansday.com

Hidup aktif dan rajin berolahraga tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kamu dan si kecil dapat berjalan di sekitar rumah, naik sepeda, atau sekedar bermain di taman. Dengan berolahraga anak dapat menjaga berat badannya, membuat tidur si kecil jadi lebih nyenyak, menguatkan tulang dan otot anak, serta menurunkan risiko terkena obesitas dan diabetes tipe 2.

 

Mengajari anak hidup sehat memang tidak mudah, apalagi dimasa- masa awal. Namun, hal ini sangatlah penting untuk membentuk pola hidup yang sehat hingga ia dewasa nanti. Dengan begitu, kesehatan anak dapat terjaga dengan baik.

Dan lengkapi hidup sehat si kecil dengan memberikan multivitamin dari Enervon-C  Plus Syrup, karena kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D nya mampu mencukupi kebutuhan vitamin anak, dan tentunya dapat membantu daya tahan tubuh si kecil, sehingga tumbuh kembang anak tidak terganggu.

 

Featured Image - northwell.edu