Gorengan menjadi salah satu makanan yang paling digemari banyak orang. Terutama rasa yang gurih dan tekstur yang garing dapat membuat ketagihan banyak orang.

 

Meski enak dan harga yang relatif murah, gorengan cenderung tidak menyehatkan, salah satunya karena kandungan kalorinya. Makanan yang digoreng cenderung memiliki kalori lebih tinggi dibanding cara mengolah makanan lainnya. Selain itu, gorengan juga cenderung mengandung lemak jenuh.

Mengurangi kebiasaan makan gorengan sendiri bukan hal yang mudah. Berikut beberapa cara untuk mengurangi makan gorengan:

 

1. Kuatkan Niat

Credit: Hellosehat

Cara yang paling awal untuk mengurangi kebiasaan makan gorengan adalah memantapkan niat Anda. Jika sudah mantap dengan hal ini, nantinya akan jadi lebih kuat untuk menahan godaan makan gorengan.

Perbanyak membaca informasi yang berkaitan dengan kesehatan, sehingga memantapkan niat Anda untuk hidup lebih sehat dan mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

 

2. Sajikan makanan dengan cara lain

Credit: CNN Indonesia

Cara lain untuk mengurangi makan gorengan, yaitu dengan menyajikan makanan yang direbus, ditimus, dipanggang, atau dibakar. Rasa makanan yang dipanggang dengan sedikit minyak, hampir mendekati makanan yang digoreng. Cara mengolah masakan ini terbilang lebih aman ketimbang digoreng langsung dengan banyak minyak.

Meskipun tidak segurih ketika digoreng, Anda tetap bisa mengakalinya. Misalnya, jangan memasak sayuran terlalu lama. Dengan egitu, sayuran akan tetap renyah.

 

3. Selalu sediakan camilan sehat

Credit: Hellosehat

Tidak memiliki cemilan di tas atau meja kantor mungkin membuat banyak orang lebih memilih untuk membeli gorengan. Jadi, ada baiknya jika Anda selalu menyiapkan cemilan sehat sebagai pengganti gorengan. Cemilan sehat yang dapat menggantikan gorengan yaitu seperti roti gandum, susu, yogurt, atau salad buah.

 

4. Buat gorengan sendiri

Credit: Hellosehat

Membuat gorengan sendiri, bisa jadi alternatif lainnya. Dengan membuat gorengan sendiri, Anda bisa memantau pilihan dan penggunaan minyak. Pilihlah minyak yang lebih sehat untuk menggoreng, seperti minyak zaitun atau kanola. Hindari menggunakan minyak bekas sisa menggoreng makanan lain, dan gunakan sedikit minyak agat tidak menyisakan banyak minyak.

 

Featured Image - Hello Sehat