Sebagai orangtua, kamu pasti sudah tahu bahwa balita senang sekali menyentuh bahkan memasukkan berbagai macam barang ke dalam mulut? Ini dikarenakan rasa penasaran yang membuat anak senang mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya.

Dengan bantuan orangtua maka perkembangan kognitif dan sensorik anak bisa lebih terarah dan berkembang secara maksimal. Kamu bisa membantunya dengan melakukan permainan anak yang mudah, tetapi tetap menantang.

Apa saja permainan anak tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Bermain tekstur

Credit: parenting.orami.co.id

Siapkan huruf alfabet atau angka di atas kertas karton dan hiasi dengan menggunakan berbagai jenis bahan, misalnya kacang hijau, pasta, maupun kapas. Dengan menyentuh permukannya si kecil dapat belajar mengenal berbagai tekstur baru.

Selain itu, kamu juga bisa mengajak anak untuk menyusun benda- benda, kemudian di bentuk huruf maupun angka untuk melatih memori dan kemampuan motorik si kecil. Jika anak diajak melakukan permainan anak ini, maka ia akan semakin mudah untuk membaca tulisan di poster atau billboard serta dapat membedakan benda.

2. Mengenal kelompok

Credit: themilitarywifeandmom.com

Berikan contoh pada anak bagaimana meletakkan barang- barang di sekitar rumah. Mulai dari gelas di lemari piring, sayuran di dalam kulkas, hingga mainan di boksnya. Sesekali tanyakan juga pada anak, seperti “Dimana ya harus meletakkan kaus kaki kamu?”, atau bisa juga dengan meletakkan kaus kaki tersebut di kulkas dan minta ia mengoreksi kesalahan itu.

Orangtua yang menantang anak- anak untuk mengelompokkan barang akan mempelajari lebih dari fungsi benda. Cara ini bisa membuat balita juga belajar soal tanggung jawab, membantu orang lain, dan menjadi bagian dari keluarga.

3. Mendengar bunyi

Credit: makeuseof.com

Menyanyikan lagu bersama- sama dapat melatih memori dan menambah kata- kata pada balita. Awalnya, kamu bisa menyanyikan semua bait lagu, tetapi setelah si kecil mulai mengenal lagu tersebut biarkan ia melanjutkan sendiri liriknya.

Selain itu, ajak si kecil untuk mengidentifikasi suara- suara yang dia dengar setiap hari mulai dari suara kucing, burung berkicau, bahkan suara klakson mobil. Dari permainan anak ini, si kecil jadi bisa memahami bagaimana setiap objek memiliki bunyi dan ciri terentu untuk memperkaya memorinya.

 

Itulah ketiga jenis permainan anak yang mudah dilakukan tetapi tetap menantang. Lakukan permainan anak tersebut agar perkembangan kognitif dan sensorik anak semakin maksimal.

Selain itu, berikantumbuh kembang anak, dan menjaga daya tahan tubuh si kecil.

 

 

Featured Image - verywellfamily.com