Setiap anak pasti memiliki cara belajar yang berbeda. Ada yang bisa langsung mengerti saat diterangkan di kelas, ada yang harus membaca sambil mencatat, atau mungkin ada anak yang justru bisa paham dengan sistem belajar kebut semalam.

Penting bagi orangtua untuk mengetahui cara belajar yang efektif untuk anak sd. Setelah menemukan caranya, kamu bisa lebih mudah membantu anak untuk belajar.

Berikut ini beberapa cara belajar yang efektif untuk anak sd. Simak ulasannya.

1. Belajar dengan teratur

Credit: kumparan.com

Belajar teratur dapat diawali dengan membiasakan anak untuk membaca buku di waktu tertentu setiap harinya.  Dengan begitu, anak bisa mencicil beberapa bahan dan tidak membaca sekaligus menjelang ulangan atau ujian.

Belajar dengan teratur akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Jadi, anak akan merasa terbiasa dan tidak tertekan atau bosan saat belajar.

2. Belajar dengan menyenangkan

Credit: bimba-aiueo.com

Saat belajar, ajari anak untuk menciptakan mood yang positif. Dengan mood yang baik, anak akan lebih mudah belajar. Hal ini dilakukan dengan menciptakan kondisi belajar yang baik, seperti fasilitas belajar, ruangan atau suasana tenang, dan hal lainnya yang dapat membuat anak semakin semangat.

3. Mind mapping

Credit: thenational.ae

Terlalu banyak bahan yang perlu dipelajari membuat anak jadi kesulitan memahami pelajaran tersebut. Kamu bisa membantu anak untuk membuat mind mapping.

Mind mapping mengajarkan anak untuk melakukan pemetaan terhadap apa yang sudah mereka pelajar. Ini akan membantu anak lebih mudah untuk memahami pelajaran secara garis besar dalam waktu singkat. Selain itu, anak juga bisa sembari menggambar symbol- symbol untuk memudahkan dalam menghafal.

4. Belajar sambil bermain

Credit: indonesiaraya.co.id

Anak sd itu senang sekali bermain. Kamu pun bisa menerapkan sistem belajar yang menyenangkan bagi anak, yaitu sambil bermain. Misalnya, saat belajar matematika, kamu bisa menggunakan mainan atau benda yang disukai anak sebagai alat peraga.

5. Belajar sambil bergerak dan bernyanyi

Credit: novakdjokovicfoundation.org

Jika anak suka menari atau bergerak, coba gunakan pola belajar yang banyak melibatkan gerakan. Misalnya, saat belajar tentang udara, kamu bisa menciptakan lagu dan gerakan, kemudian mencobanya dengan si kecil. Cara belajar ini akan mempermudah anak dalam mengingat beberapa hal penting.

6. Belajar sambil membuat percobaan atau praktek

Credit: schooledbyscience.com

Terkadang lebih mudah bagi anak untuk memahami apa yang diajari dengan melihat contohnya. Misalnya, saat anak belajar mengenai sifat air, kamu bisa menyiapkan beberapa percobaan yang berhubungan dengan sifat air. Ini akan memudahkan anak dalam belajar dan tentunya kegiatan ini sangat menyenangkan. Dijamin deh, si kecil semakin semangat ketika belajar.

 

Dalam menentukan cara belajar yang efektif bagi anak sd, kamu harus mengenal karakter si kecil terlebih dahulu. Sehingga, belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak.

Agar si kecil semakin semangat dalam belajar, berikan Enervon-C Plus Syrup yang mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin D yang mampu menjaga daya tahan tubuh anak, serta memenuhi kebutuhan nutrisinya.

 

 

Featured Image - study.com