Jika kamu akan melakukan ke luar negeri sendiri, maka semua dokumen yang dibutuhkan juga harus diurus sendiri. Berbeda jika kamu menggunakan agen travel yang sudah mengurusi semua kebutuhan dokumen.

Kelengkapan dokumen harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan. Berikut ini lima tips untuk memenuhi dokumen syarat saat akan liburan ke luar negeri.

1. Periksa kondisi paspor

Credit: genpi.co

Paspor harus valid sekarang- kurangnya enam bulan sebelum masa berlakunya habis dan harus punya dua halaman kosong untuk ditempel visa. Paspor harus dalam kondisi bagus, tidak lecek, sobek, atau ada halaman yang rusak.

2. Konfirmasi jika kamu memerlukan visa

Credit: idntimes.com

Kamu harus memastikan liburanmu ke luar negeri yang kamu rencanakan harus melalui pengajuan visa atau tidak. Periksa di situs resmi Kedutaan Besar atau Konsulat Jendral negara tujuan. Apakah negara tujuanmu membutuhkan visa sebelum keberangkatam, pengurusan visa saat kedatangan, atau bahkan bebas visa.

3. Jika memerlukan visa, ajukan visa sedini mungkin

Credit: axis.com.au

Biasanya dalam proses pembuatan visa, membutuhkan beberapa minggu. Pastikan kamu mendaftar sedini mungkin, agar visa sudah bisa selesai sebelum tanggal keberangkatan kamu. selain itu, pengajuan visa biasanya dikenakan biaya, dan harus dilunasi saat menyerahkan formulir pengajuan.

4. Gunakan bantuan professional

Credit: theactivetimes.com

Kamu sebaiknya menggunakan pelayanan jasa professional untuk memperoleh paspor dan visa agar prosesnya lebih cepat dan tidak ada kesalahan yang terjadi.

Dokumen yang diminta untuk pengajuan visa juga harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Dan untungnya, sekarang beberapa konsulat sudah menyediakan jasa penerjemah, tetapi ini harus dilakukan sebelum kamu menyerahkan formulir pengajuan visa.

5. Simpan Salinan dokumen

Credit: vietnamembassy-seoul.org

Buat scan atau Salinan paspor dan visa yang dibutuhkan selama liburan. Bawa satu set Salinan paspor dan visa bersama kamu dan satu set lagi kamu simpan di rumah bersama orang yang kamu percaya. Jika paspor milikmu hilang atau dicuri selama kamu berpergian, salinan- salinan yang ada itu akan membantumu dalam proses mendapat paspor baru.

 

Itulah kelima tips untuk menyiapkan dokumen travelling ke luar negeri. Ini bisa kamu coba agar perjalananmu semakin nyaman dan menyenangkan. 

 

 

Featured Image - freegreatpicture.com