5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

TAGS : Anak berat badan
font size A Ǎ

Pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi prioritas bagi semua orangtua. Tidak hanya itu, masalah berat badan juga merupakan masalah yang cukup menyita banyak waktu orangtua.

Anak yang memiliki berat badan kurang berisiko mengalami berbagai macam masalah kesehatan. Bahkan anak yang memiliki berat badan kurang bisa mengalami penurunan daya tahan tubuh, jadi lebih mudah terserang penyakit atau virus. Begitu pula anak yang memiliki berat badan berlebih, hal ini berisiko menyebabkan gangguan tidur, gangguan jantung, dan menyebabkan asma.

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga berat badan ideal anak:

1. Perhatikan pola makan anak

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

Credit: halodoc.com

Sebaiknya perhatikan pola makan anak dengan baik. Berikan anak makanan yang sehat dan bergizi agar kebutuhan gizinya terpenuhi. Anak juga perlu ditargetkan untuk mengonsumsi sayur dan buah setiap harinya.

Hindari pemberian makanan manis pada anak. Karena selain dapat menyebabkan obesitas, makanan manis juga dapat mengganggu kesehatan mulu dan gigi anak.

2. Kenalkan anak dengan olahraga

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

Credit: simplemomsguide.com

Perkenalkan manfaat olahraa sejak dini pada anak. Ajak si kecil untuk bergerak 30-60 menit setiap harinya. Kamu bisa mengajak si kecil untuk jalan santai mengitari komplek atau bermain sepeda. Selain itu, berenang juga jadi pilihan olahraga yang menyenangkan bagi si kecil.

3. Berikan contoh

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

Credit: kellysthoughtsonthings.com

Coba berikan contoh pada anak mengenai pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai gangguan penyakit. Ajak anak untuk mengonsumsi sayur dan buah, sembari kamu juga mengonsumsi sayur dan buah. Dengan begitu, anak akan lebih senang untuk makan sayur dan buah. Begitu pula jika kamu mengajak anak untuk berolahraga. Lakukan kegiatan berolahraga bersama anak bisa jadi lebih menyenangkan.

4. Berikan waktu istirahat yang cukup

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

Credit: uratex.com.ph

Selain pola makan dan olahraga, anak yang memiliki waktu istirahat yang cukup akan lebih mudah memiliki berat badan ideal. Pada waktu tidur, hormon pertumbuhan akan dilepaskan.

Jadi, ketika anak tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka pelepasan hormon pertumbuhan akan terganggu. Hal ini dapat menimbulkan masalah pada pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

5. Ajarkan anak untuk selalu sarapan

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

Credit: naturesway.com.au

Coba ajarkan anak untuk selalu sarapan sebelum beraktivitas. Anak- anak yang rutin sarapan memiliki berat badan yang lebih ideal dan stabil, dibanding dengan anak- anak yang tidak. Sarapan dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan anak energi untuk beraktivitas.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badan ideal anak. Agar pertumbuhan anak semakin maksimal, berikan Berikan Enervon-C Plus Syrup, karena kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D nya mampu mencukupi kebutuhan vitamin anak, dan tentunya dapat membantu daya tahan tubuh si kecil, sehingga tumbuh kembang anak tidak terganggu.

Dan selalu perhatikan perubahan yang terjadi pada tumbuh kembang anak. Tidak ada salahnya untuk segera diskusi dengan dokter anak, jika terjadi hal yang membuatmu khawatir pada pertumbuhan anak.

 

 

Featured Image - news.umich.edu


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!