Tuntutan pekerjaan seringkali jadi faktor utama depresi yang dialami oleh pekerja kantoran. Gangguan mental hinggal percobaan bunuh diri pun jadi konsekuensi akhir yang sering terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Tapi tenang! Ada banyak cara untuk menghindari mengalami stress dan depresi karena rutinitas pekerjaanmu di kantor. Bagimana caranya? Ini dia ulasannya.

1. Work As Paid

Credit: cheatsheet.com

Kerja dari jam 09.00 sampai 17.00 tidak hanya membuat fisik jadi lelah, tetapi juga pikiran. Apalagi kalau kamu sedang dikejar deadline, pasti semakin merasa terbebani. Agar kamu terhindar dari depresi karena pekerjaan, anggaplah semua kerjaan ini bukan sesuatu yang permanen. Dari sini, kamu akan mulai mengerti bagaimana membagi tenaga kamu untuk pekerjaan dan istirahat.

2. Minum kopi secara bijak

Credit: timeslive.co.za

Kafein yang terkandung dalam kopi sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja jantung agar kamu semakin segar saat kerja. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi kafein justru dapat membuat kamu depresi. Kamu akan merasa gelisah setelah meminum terlalu banyak kopi. Jadi, kamu harus bijak dalam mengonsumsi minuman ini, ya.

3. Dari dalam pikiran

Credit: broadsheet.ie

Terkadang kamu merasa stres ketika atasanmu marah- marah. Bahkan, kamu terkadang merasa putus asa karena tidak mampu menyelesaikan pekerjaan yang ada. Akibatnya, kamu akan menyalahkan diri sendiri, dan akhirnya kamu merasa stress.

Ketidakmampuan kamu mengontrol emosi dalam menghadapi tantangan dari luar justru perlu diwaspadai. Karena ini dapat membuatmu depresi.

4. Berbagi pikiran

Credit: kajgana.com

Kebanyakan orang depresi akibat pekerjaan dikarenakan mereka bekerja sendiri. Di kantor, kamu pasti memiliki rekan kerja yang siap membantu, atau setidaknya menyumbang pemikiran untuk menyelesaikan pekerjaan. Jadi, jangan gengsi ya untuk meminta pertolongan kepada rekan kerjamu. Ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa stres.

5. Banyak tersenyum

Credit: richjuan.com

Tersenyumlah selama kamu masih bisa tersenyum! Senyum dapat memancing respon kimiawi dalam tubuh manusia, memancing kamu menjadi Bahagia. Jadi, sering- sering tersenyum ya, agar kamu juga dapat memiliki pemikiran yang positif.

6. Ambil cuti liburan

Credit: hcamag.com

Penat karena pekerjaan tidak akan hilang kalau kamu nggak sepenuhnya pergi dari rutinitas. Kalau sudah begini, sudah saatnya kamu untuk liburan. Pilih tempat wisata yang memiliki keindahan alam serta cuaca sejuk untuk melepas stress. Atau kamu bisa sekedar staycation di hotel- hotel Jakarta, ini pun sepertinya sudah cukup kok!

 

Itulah beberapa cara untuk menghindari depresi karena pekerjaan. Coba mulai sekarang terapkan hal- hal tersebut, ya!

 

 

Featured Image - ourstyle.life