Kamu pasti sudah tidak asing dengan buah sirsak. Selain nikmat, ternyata buah sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat untuk kesehatan ini tentunya tidak lepas dari berbagai kandungan nutrisi dan vitamin di dalam buah sirsak.

Kandungan Nutrisi dan Vitamin Buah Sirsak

Credit: botaniku.com

Dalam seporsi buah sirsak (sekitar 200 gram) terkandung sekitar 110-130 kalori. Selain itu, buah sirsak juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi, yaitu:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Kalium
  • Magnesium
  • Kalsium

Selain beragam nutrisi di atas, buah sirsak juga mengandung nutrisi lainnya seperti zat besi, folat, zinc, serta antioksidan.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Karena berbagai kandungan nutrisi baik di dalamnya, buah sirsak memilki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat buah sirsak? Ini dia penjelasannya.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Credit: nationalgeographic.grid.id

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam buah sirsak bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh, serta mengurangi risiko untuk terkena penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi. Selain itu, kandungan nutrisi pada buah sirsak juga dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat melawan penyakit.

Untuk mendapat manfaat ini, sebaiknya konsumsi buah sirsak secara rutin. Dan selain dari buah sirsak, kamu bisa meningkatkan daya tahan tubuhmu dengan mengonsumsi mulvitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks, agar kamu tidak mudah sakit.

2. Meredakan peradangan

Credit: hellosehat.com

Buah sirsak diketahui memiliki efek antiradang. Efek ini baik untuk meringankan peradangan dan penyakit yang muncul akibat peradangan, seperti asam urat, hipertensi, dan arthritis.

3. Melancarkan pencernaan

Credit: nova.grid.id

Tingginya kandungan serat dan air di dalam buah sirsak baik untuk menjaga agar saluran cerna tetap aktif dan sehat. Rutin mengonsumsi buah- buahan, termasuk buah sirsak juga baik untuk mengatasi dan mencegah sembelit.

4. Melawan infeksi

Credit: tribunnews.com

Buah sirsak dipercaya dapat membunuh bakteri, virus, dan parasite. Ditambah kandungan nutrisinya yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, buah sirsak dipercaya baik untuk membantu pemulihan tubuh setelah terkena infeksi.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Credit: jawapos.com

Buah sirsak mengandung antioksidan dan beragam zat kimia lain yang memiliki sifat antikanker. Ekstrak buah dan daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, usus besar, hati, ginjal, dan mulut.

 

Buah sirsak boleh dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat karena kandungan gizinya yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah sirsak secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Lengkapi pola hidup sehatmu dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. 

Dan untuk kamu yang memiliki aktivitas padat, konsumsi Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc untuk menjaga daya tahan tubuhmu sehingga tidak mudah lelah.

 

Featured Image - klikdokter.com