Kamera merupakan salah satu perlengkapan penting untuk dibawa selama travelling. Karena, kamera berfungsi untuk mengabadikan setiap aktivitas yang kamu lakukan selama perjalanan. Meskipun sekarang sudah ada smartphone dengan kualitas kamera yang baik, namun tetap saja kamera susah dipisahkan dengan yang namanya travelling.

Untuk kamu yang sering membawa kamera saat berlibur, kamu perlu berhati- hati. Karena jika tidak disimpan dengan baik kameramu bisa rusak atau hilang.

Berikut ini tips aman membawa kamera selama travelling.

1. Tidak mengemas kamera sekaligus

Credit: digital-photography-school.com

Jika kamu membawa kamera jenis DSLR, maka sebaiknya lepaskan bagian- bagian kamera sebelum dimasukkan ke dalam tas, karena ukuran kamera yang cukup besar. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada kamera jika dimasukkan begitu saja ke dalam tas.

2. Tidak sembarangan mengeluarkan kamera saat sedang berlibur

Credit: travelfashiongirl.com

Kamu tidak boleh sembarangan mengeluarkan kamera selama travelling. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan kamera yang kamu bawa. Pastikan kamu menggunakan kamera di tempat yang aman, agar tidak terjadi hal- hal yang tidak diinginkan. Meskipun sering dianggap sepele, tapi ini untuk keamanan kamu sendiri, lho.

3. Selalu membawa alat pembersih kamera

Credit: dk3studios.com

Agar kameramu tetap bersih, maka kamu perlu membawa alat pembersih kamera. Hal ini diperlukan untuk menghilangkan debu atau kotoran yang bisa mempengaruhi hasil gambar, sehingga hasil jepretanmu bisa tetap bagus. Dengan begitu, travelling mu akan semakin terasa aman dan menyenangkan.

4. Lindungi kamera dengan perlengkapan lainnya

Credit: expertphotography.com

Menjaga keamanan kamera selama travelling itu sangat penting dilakukan. Tidak hanya aman dari pencuri atau orang jahat lainnya, tapi harus aman dari kerusakan kamera. Agar hal ini tidak terjadi, kamu perlu melindungi kamera dengan perlengkapan lainnya, seperti membungkus kamera dengan bubble wrap atau menggunakan tas khusus kamera selama berlibur.

5. Gunakan kamera dan akseseorisnya sesuai dengan kebutuhan

Credit: guidingtech.com

Kamu tidak perlu menakar kebutuhan akan kamera dan aksesoris lainnya selama travelling. Karena tidak semua aksesoris kamera akan digunakan setiap waktu selama berlibur. Jika kamu tidak membutuhkan tripod, maka kamu tidak perlu membawanya. Jadi, pastikan kamu membawa kamera dan akseseorisnya yang sesuai dengan kebutuhan saja ya selama travelling.

 

Nah, itulah kelima cara aman dan mudah membawa kamera saat kamu sedang travelling. Selamat mencoba! 

Featured Image - robinwong.blogspot.com