Bagi kamu hobi travelling, kamu harus selalu mencari tahu budaya dan tradisi masyarakat tempat tujuan berlibur. Karena, bisa saja hal yang kamu anggap biasa di daerah asalmu, menjadi hal yang tabu untuk dilakukan di daerah lain.

Seperti di enam negara ini, beberapa hal sepele justru menjadi larangan. Nah, daripada kamu menghabiskan liburanmu untuk berurusan dengan hukum jika melanggarnya, berikut ini hal- hal yang harus kamu hindari saat berlibur ke luar negeri.

1. Peraturan mengambil foto di Dubai dan UEA

Credit: blog.goway.com

Untuk alasan keamanan, pemerintah Dubai melarang untuk mengambil semua foto di Gedung pemerintahan dan militer, seperti Dubai Chamber, Dubai Court, dan Dubai Civil Defence. Selain itu, mengambil foto orang lain tanpa permisi juga dilarang karena melanggar privasi.

Karena jika kamu melakukan hal tersebut, kamu bisa dituntut hukuman 6 bulan penjara dan denda hingga 500.000 AED atau setara Rp 1,9 miliar.

2. Makna gestur tangan OK di Turki

Credit: npr.org

Bila di Indonesia menyatuhkan jari telunjuk dan jempol merupakan symbol OK atau hal baik, maka hal ini berbeda dengan di Turki. Jangan sekali- kali kamu melakukan hal ini, karena ini merupakan tanda untuk menyuruh orang lain pergi menjauh. 

3. Perbedaan makna gestur tangan di Yunani

Credit:smartertravel.com

Ketika kamu berkunjung ke Yunani, ada baiknya kamu selalu menggunakan bahasa verbal saja. Karena, disini hampir semua gestur memiliki makna yang berbeda dengan negara lain. Contohnya, gerakan membuka tangan seperti menujukkan angka 5, berarti moutza tau menganggap orang lain idiot. Sedangkan mengacungkan jempol sama seperti menghina menggunakan jari tengah.

4. Membagi tagihan di restoran di Prancis

Credit: thenational.ae

Bagi orang Prancis, membicarakan uang adalah hal yang tidak sopan, termasuk membagi tagihan saat di restoran. Apabila temanmu membayar semua tagihan, maka giliranmu di acara makan selanjutnya. Atau bisa juga disepakati sebelum acara tiba, biasanya orang yang mengajak adalah yang akan membayar.

5. Memberikan uang tip di Jepang

Credit: tripsavvy.com

Bila di Indonesia uang tip dianggap bonus atau kepuasan pelayanan, maka tidak begitu di Jepang. Pemberian tip bukanlah sebuah kebiasaan di sana, orang Jepang terbiasa dengan budaya hormat dan kerja keras. Maka pelayanan yang baik merupakan standar dan tip dianggap tidak perlu.

6. Menyentuhan lawan jenis di India

Credit: nytimes.com

Bagi orang India khususnya umat Muslim dan Hindu, menyentuh lawan jenis adalah hal yang tidak sopan. Bila ingin bersalaman, mereka cukup meletakkan tangan pada posisi menangkup seperti saat berdoa. Di beberapa kondisi mereka juga menunggu pihak perempuan untuk mengulurkan tangan terlebih dahulu.

 

Nah, sudah tahu kan apa saja yang tidak boleh kamu lakukan saat berkunjung ke 6 negara tersebut? Jangan sampai lupa untuk mentaatinya ya!

 

 

Featured Image - unsplash.com