Daya ingat otak sangat diperlukan dalam kehidupan sehari- hari. Seseorang yang kemampuan mengingatnya menurun akan mudah lupa dan sulit untuk mengingat hal- hal yang kompleks. Jika kamu memiliki daya ingat yang kuat, kamu harus bisa berlatih mengingat, dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan otak.

Berikut ini rekomendasi buah- buahan yang dapat meningkatkan daya ingat otak, dan juga mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Apa saja buah- buahan tersebut? Temukan jawabannya berikut ini.

1. Alpukat

Credit: ksn.com

Buah alpukat diklaim sebagai buah yang dapat meningkatkan daya ingat. Kandungan lemak tak jenuhnya tidak menurunkan fungsi otak, jutrsu mampu meningkatkan kemampuan kognitif kamu.

Alpukat mengandung folat dan vitamin K, yang akan memerangi faktor- faktor penyebab turunnya daya ingat seseorang. Kamu bisa mengonsumsi alpukat dengan memasukkannya ke dalam menu sehari- hari. Kamu bisa menikmati secara langsung, dicampur dengan bahan makanan lain, atau diolah menjadi jus segar.

2. Apel

Credit: commons.wikimedia.org

Bagaimana caramu menikmati apel? Jika kamu terbiasa untuk mengupas kulitnya, coba deh mulai sekarang hentikan kebiasaan ini. Karena, di dalam kulit apel terdapat quercetin dan antioksidan yang mampu menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Jenis apel merah mengandung anthosianin, jenis antioksidan yang dapat memperkuat memori otakmu. Dengan mengonsumsi satu buah apel merah setiap hari, dijamin daya ingatmu akan semakin kuat meskipun usia terus bertambah.

3. Bit

Credit: healthmf20.wordpress.com

Bit dikenal sebagai buah yang kaya akan antioksidan. Saking banyaknya antioksidan dalam buah bit, maka tidak salah jika buah ini sering dikonsumsi untuk memelihara kesehatan otak dan bahkan untuk mencegah kanker.

Bit mengandung nitrat yang dapat meningkatkan alirah darah ke otak, sehingga otak dapat menjalankan fungsinya dengan lebih baik. Kamu bisa menikmati buah bit dengan dijadikan campuran dalam sup atau dijadikan jus segar.

4. Blueberry

Credit: pvtfc.com

Segala jenis buah- buahan beri termasuk dalam makanan yang baik untuk otak, termasuk blueberry. Memberikan buah blueberry sejak masih kecil dapat membuat anak memiliki daya ingat yang lebih kuat. Rutin mengonsumsi buah blueberry dapat menunda kepikunan secara alami. Senyawa anthocyanin di dalam buah blueberry berkontribusi untuk menguatkan daya ingat manusia.

5. Jeruk

Credit: healthline.com

Tubuh tidak bisa memproduksi vitamin C dengan sendirinya. Kamu perlu mengonsumsi makanan tinggi vitamin C untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut di dalam tubuh. Salah satu buah yang tinggi vitamin C adalah jeruk.

Selain kaya akan vitamin C, jeruk mampu meningkatkan daya ingat. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk bermanfaat untuk memelihara kesehatan sel- sel di dalam otak. Selain itu, kandungan flavonoid dalam jeruk juga berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif.

 

Selain dari jeruk, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks yang mampu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan memelihara fungsi tubuh, termasuk fungsi otak. Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet atau effervescent yang mampu menyegarkan harimu.

Kelima buah tersebut sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya ingat otak. Daya ingat yang kuat tentu akan memudahkanmu dalam belajar atau bekerja. Jangan sampai kemampuan meningatmu menurun di usia yang masih terbilang produktif, ya! Jadi, mulai sekarang yuk rajin konsumsi buah- buahan di atas.

 

Featured Image - theverge.com