Wortel merupakan sayuran yang mengandung berbagai vitamin mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, wortel juga merupakan sumber karotenoid atau beta karoten, kalium, serat, serta antioksidan yang penting untuk tubuh.

Selain diolah menjadi campuran dalam sup atau salad, wortel juga bisa dijadikan minuman menyehatkan, seperti jus. Minuman ini baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh serta metabolisme, dan mampu memelihara fungsi otak.

Tidak hanya itu, rutin mengonsumsi jus wortel bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti berikut ini:

1. Meningkatkan kesehatan mata

Credit: menshealth.com

Jus wortel adalah sumber beta karoten yang baik. Di dalam tubuh, beta karoten akan diolah menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin ini bisa melindungi mata dari beragam gangguan, seperti katarak atau glaucoma. Dan jus wortel juga mengandung lutein serta zeaxanthin, yaitu antioksidan alami untuk melindungi retina dan lensa mata.

2. Membuat kulit jadi lebih sehat

Credit: wellwithinbeauty.com

Dalam 100 gram wortel, terdapat setidaknya 6 mg vitamin C. Vitamin ini merupakan salah satu sumber antioksidan dan dapat membantu kulit pulih lebih cepat dari luka maupun cedera. Untuk kamu yang memiliki masalah kulit, seperti kulit kering atau psoriasis, kamu bisa mengonsumsi jus ini setiap hari.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Credit: sepalika.com

Kandungan vitamin C dalam jus wortel juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Jika kamu sedang mengalami flu, konsumsi jus wortel agar cepat pulih dan bisa kembali beraktivitas. Selain dari jus wortel, tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk menjaga tubuh agar tidak mudah sakit.

Dan untuk kamu yang memiliki aktivitas padat, konsumsi Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc untuk menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah lelah.

4. Memperkuat fungsi otak

Credit: tribunnews.com

Selain baik untuk mata, beta karoten dalam jus wortel juga dipercaya mampu menjaga kesehatan dan fungsi otak. Rutin mengonsumsi beta karoten dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi terjadinya kepikunan atau demensia.

5. Mengontrol tekanan darah dan kolesterol

Credit: healthline.com

Wortel mengandung kalium yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah. Dalam 100 gram wortel, setidaknya terkandung 300 gram kalium.

Kalium dari wortel dapat menyeimbangkan kadar garam dan cairan tubuh, sehingga bisa mengontrol tekanan darah. Ini baik terlebih jika kamu sering mengonsumsi makanan asin. Selain itu, rutin mengonsumsi jus wortel juga dapat mengontrol kadar kolesterol.

 

Jika kamu ingin mengonsumsi jus wortel, pilihlah wortel yang matang dan segar. Cara membuatnya pun mudah, kamu hanya perlu mencuci dan mengupas wortel, kemudian masukan ke dalam blender. Setelah itu, tambahkan air mineral dan haluskan wortel hingga menjadi jus. Dan agar lebih sehat, sebaiknya hindari menambahkan gula ke dalam jus wortel.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuhmu, selalu konsumsi sayur- sayuran serta buah sesuai dengan selera kamu. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - diynetwork.com