Mengetahui penyebab kegagalan usaha sejak dini adalah sebuah keuntungan tersendiri agar kita bisa menemukan cara untuk mengantisipasinya. Memang kegagalan dalam dunia usaha merupakan hal yang wajar dan bisa terjadi pada siapa saja.

Penyebab kegagalan yang dialami wirausaha itu bermacam- macam, baik dari faktor internal maupun eksternal. Secara umum, berikut ini adalah faktor penyebab kegagalan sebuah bisnis dan harus diperhatikan!

1. Kurangnya pengalaman manajemen

Credit: jurnal.id

Banyak wirausaha yang tidak sepenuhnya memahami sulitnya mengoperasikan sebuah usaha. Ada beberapa wirausaha yang akan menjalani bisnis, tapi tidak mengetahui cara mengelolanya.

Ketika ada masalah muncul, mereka tidak mampu mengatasinya. Misalnya, wirausaha dengan latar belakang Pendidikan Teknik memiliki kemampuan dalam mendesain produk, tetapi kurang memahami akuntasi, keuangan, pemasaran, dan penjualan. Apabila hal ini dibiarkan maka dapat menyebabkan kegagalan bisnis.

2. Kurang mampu membuat perencanaan keuangan

Credit: jasindo.co.id

Wirausaha yang berpikir bahwa mereka akan mendapat modal yang cukup pada tahun- tahun pertama usaha mereka akan kehabisan modal sebelum akhir tahun pertama.

Penyusunan anggaran yang kurang seimbang bisa mengakibatkan kerguian. Sehingga, kamu juga harus memperhatikan penggunaan modal untuk masa sekarang dan masa depan.

3. Tidak melakukan inovasi sesuai perkembangan zaman

Credit: dailysocial.id

Kurangnya inovasi dan tidak adanya perkembangan menyebabkan suatu usaha ini kehilangan pasarnya. Dan usaha yang tidak mengikuti perkembangan zaman lama kelamaan akan hilang termakan oleh waktu.

4. Menjual produk yang tidak dibutuhkan

Credit: commerzbank.de

Salah satu penyebab kegagalan suatu usaha adalah produk yang dijual. Menjual produk yang tidak hanya dibutuhkan banyak orang bisa mendatangkan kegagalan. Jangan sampai usaha yang kamu jalani jadi gagal karena salah memilih produk untuk dijual. Jadi, penting ya untuk menganalisa pasar terlebih dahulu.

5. Salah memilih mentor dan tidak mau belajar dari orang lain

Credit: thenextweb.com

Wirausaha pasti membutuhkan mentor. Kamu perlu belajar dari orang yang sudah sukses, pernah sukses, pernah gagal, dan bahkan yang sering gagal. Belajar dari kesalahan orang lain adalah salah satu hal penting untuk mengembangkan usaha. Akan tetapi, jika kamu ingin mencari mentor, maka sebaiknya pilihlah yang tepat.

 

Nah, itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kegagalan wirausaha. Untuk kamu yang akan menjalani suatu usaha, coba perhatikan kembali hal- hal tersebut ya agar nantinya usahamu akan berjalan lancar.

 

 

Featured Image - thenextweb.com