Sudah bukan rahasia lagi kalau apel mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bahkan, mengonsumsi apel setiap hari dapat menurunkan berat badan. Ini karena lemak dan kalori yang ada di dalamnya.

Apel memang mudah diolah menjadi beragam camilan dan minuman sehat. Salah satu yang paling gampang dan sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah jus apel. Lalu, apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi jus apel secara rutin? Ini dia ulasannya.

1. Mencegah dehidrasi

Credit: sehatq.com

Jus apel mengandung 88 persen air, sehingga mudah dikonsumsi terutama bagi mereka yang sedang sakit. Selain, jus apel juga baik untuk mereka yang memiliki risiko dehidrasi. Coba deh mulai rutin konsumsi jus apel ya!

2. Melindungi sel- sel dari peradangan

Credit: alodokter.com

Kulit dan beberapa bagian apel kaya akan senyawa polifenol. Senyawa ini bisa melindungi sel- sel dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Keduanya, menjadi faktor penyebab beberapa penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kerusakan oksidatif dalam darah pada beberapa laki- laki menurun dalam 30 menit setelah meminum jus apel. Tidak hanya itu, efek tersebut juga berlanjut hingga 90 menit kemudian.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Credit: sehatq.com

Apel mengandung polifenol yang baik untuk kesehatan jantung. Senyawa ini bisa mencegah kolesterol jahat atau LDL teroksidasi yang menumpuk di dalam arteri. Kadar LDL yang teroksidasi dalam tingkat tinggi bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Sebuah studi pernah melibatkan beberapa perempuan sehat. Mereka diminta untuk meminum 310 ML jus apel bening. Hasilnya, aktivitas antioksidan dalam darah meningkat hampir 11 persen dalam waktu satu jam setelah meminum jus. Peningkatan aktivitas antioksidan ini berarti sama dengan memberikan perlindungan potensial dari penyakit jantung.

4. Memberikan perlindungan terhadap otak

Credit: hellosehat.com

Jus apel dianggap mampu mendukung fungsi dan daya ingat otak dan kesehatan mental seiring bertambahnya usia. Perlindungan ini mungkin karena aktivitas antioksidan dari senyawa polifenol yang ditemukan dalam apel. Tidak hanya itu, senyawa polifenol juga bisa melindungi otak dari kerusakan molekul yang tidak stabil atau sering disebut radikal bebas.

 

Itulah berbagai manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi jus apel secara rutin. Selain dengan mengonsumsi jus apel, agar tubuh semakin sehat, terapkan pola makan gizi seimbang, rutin berolahraga, minum air putih yang cukup, dan konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

 

 

Featured Image - duluthnewstribune.com