Semua orang berlomba- lomba untuk membuka bisnis yang bisa memberi pemasukan dalam jangka panjang, menggantikan penghasilan yang biasa didapatkan ketika kamu bekerja kantoran.

Namun, sayangnya keinginan ini seringkali hilang begitu saja karena adanya keterbatasan modal. Untuk membuka sebuah bisnis tentunya kamu memerlukan modal yang terkadang tidak sedikit. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir lagi, karena ada banyak cara untuk mendapatkan modal tanpa harus meminjam ke bank, berikut ini caranya!

1. Tabungan

Credit: usnews.com

Salah satu cara untuk mendapatkan modal bisnis adalah melalui penghasilan kamu sendiri yang sudah ditabung. Cobalah menabung untuk modal usaha melalui gaji yang sudah kamu terima setiap bulannya.

Misalnya, gajimu dalam sebulan sebesar Rp 5.000.000, kemudian modal yang kamu butuhkan Rp 20.000.000. Coba untuk menyisihkan Rp 2.000.000 dalam sebulan, maka dalam 10 bulan tabungan sudah menjadi Rp 20.000.000. Jadi, sudah siap untuk memulai bisnis dengan tabunganmu sendiri!

2. Asset dan barang berharga yang dimiliki

Credit: tribunnews.com

Untuk mendapat modal tambahan, kamu bisa menjual beberapa asset dan barang berharga yang mungkin tidak sering dipakai. Coba, periksa kembali apakah ada asset atau barang berharga yang dapat dijual untuk menambah modal bisnismu.

Barang- barang seperti gadget, jam tangan, sepatu dan tas branded, kamera, atau mungkin perhiasan yang bisa dijual sebagai penambah modal usaha.

3. Tidak ingin menjual barang berhargamu? Coba gadaikan saja

Credit: seputarforex.com

Cara mendapatkan modal bisnis yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan barang- barang yang sudah ada. Jika kamu tidak ingin atau belum rela menjual barang- barang tersebut, coba untuk menggadaikan saja.

Kamu hanya akan menitipkan sementara barang- barang yang kamu miliki ke kantor pegadaian, untuk kemudian ditebus kembali setelah pinjaman bisa dilunasi. Bunga yang diberikan pegadaian pun juga relatif kecil dan tidak terlalu memberatkan.

4. Meminta bantuan pinjaman kepada orang- orang terdekatmu

Credit: albawaba.com

Orang- orang terdekat merupakan orang- orang yang biasanya akan selalu memberikan dukungan untukmu. Mereka biasanya ingin kamu menjadi maju. Jika kamu bisa menjelaskan dengan detail apa yang kamu lakukan dan bagaimana ide bisnismu, biasanya orang- orang terdekat akan memberikanmu bantuan.

Cobalah untuk mengajukan pinjaman pada teman, orangtua, saudara, atau teman terdekatmu. Bicarakan secara jelas bahwa uang yang kamu pinjam akan dijadikan modal usaha dan kamu akan mengembalikannya dalam jangka waktu tertentu.

5. Sesekali hadiri seminar yang diadakan oleh beberapa pihak, siapa tahu kamu bisa mendapatkan suntikan dana dari para investor

Credit: coe.int

Kalau kamu menginginkan pinjaman dana dalam jumlah besar, ini berarti kamu membutuhkan investor untuk memberikan dana bagi bisnismu.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa datang ke acara- acara seminar yang sering diadakan oleh beberapa pihak tertentu seperti perusahaan atau Lembaga yang bergerak di suatu industri. Namun, pastikan kamu sudah menyiapkan ide bisnis secara matang sebelum datang ke acara seminar tersebut ya.

 

Featured Image  - business2community.com

Itulah kelima cara mendapatkan modal usaha tanpa harus meminjam ke bank. Nah, jadi untuk kamu yang akan memulai bisnis, bisa coba cara- cara di atas ya. Good luck!