Bagi sebagian besar orang menyiasati waktu untuk beristirahat atau tidur mungkin sulit untuk dilakukan. Padatnya aktivitas sehari- hari sering membuat kamu jadi kurang tidur. Padahal seharusnya bagi orang dewasa, diperlukan 7-8 jam untuk beristirahat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan segar.

Padahal, kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan dan kegiatan sehari-hari. Kurang tidur dapat menyebabkan kantuk, kesulitan mengatur emosi, bahkan obesitas.

Yuk kenali tanda- tanda yang terjadi pada tubuhmu ketika kurang tidur!

 

1. Kulit

Credit: Jawa Pos

Ketika tubuhmu kurang tidur, bagian tubuh pertama yang paling cepat merespons adalah kulit. Menurut penelitian, bahwa ada hubungan antara kulit seperti munculnya jerawat, wajah menjadi kusam dan terlihat lelah saat tubuh kurang tidur. Selain itu, kurang tidur juga akan menyebabkan tubuh mengalami banyak masalah dan mudah sakit.

 

2. Mata

Credit: Jawa Pos

Selain pada kulit, tanda kurang tidur juga akan terlihat pada mata. Mata menjadi mudah merah, bengkak, timbulnya lingkaran hitam dan muncul kantung mata.

Kurang tidur juga cenderung menyebabkan banyak kerutan dan garis halus pada bagian mata. Hal ini terjadi karena hormon yang memperbaiki jaringan tidak dapat bekerja karena terjadi saat tidur nyenyak.

 

3. Berat badan

Credit: Hipwee

Saat kurang tidur, tubuh akan cenderung merasa lapar dan berujung pada meningkatnya berat badan. Kurang tidur akan memunculkan keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan. Dan hal ini akan meningkatkan resiko obesitas.

Hal ini juga terjadi karena terdapat hormon yang dapat mengendalikan rasa lapar dalam tubuh yaitu ghrelin dan leptin yang hanya bisa bekerja saat tidur nyenyak.

 

4. Emosi

Credit: Top Media

Penelitian menunjukkan bawah orang yang kurang tidur setiap malam selama seminggu, cenderung mengalami stress atau depresi, marah dan merasa lelah secara mental. Dan hal ini akan menjadi normal, ketika tidur sudah tercukupi.

 

5. Kurang Fokus

Credit: Top Media

Kurang tidur juga berakibat pada menurunnya fokus dan ingatan. Kurang tidur membuat tubuh merasa grogi dan pusing. Akibatnya, bagi kamu yang kurang tidur akan lebih sulit untuk melakukan kegiatan sehari- hari, seperti belajar, bekerja dan berkendara.

 

Featured Image - Merdeka