Liburan memang merupakan kegiatan untuk melepas penat yang paling ditunggu- tunggu, terutama ketika kamu sudah menantikan liburan ini sejak lama. Namun, jangan sampai liburan yang seharusnya memberikan kesan baik dan menyenangkan, malah jadi kurang maksimal karena kamu melakukan beberapa hal secara berlebihan.

Apa saja hal tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Membawa Perlengkapan yang Tidak Perlu

Credit: travelfashiongirl.com

Meskipun kamu dihadapkan dengan berbagai keinginan untuk membawa barang- barang yang dianggap perlu, cobalah untuk meminta pendapat orang lain apakah barang tersebut benar dibutuhkan atau tidak.

Tidak hanya berlaku pada benda, ini juga berlaku pada baju yang kamu bawa. Pasti sebagian dari kamu pernah membawa banyak baju saat liburan, padahal baju tersebut tidak akan terpakai semua.

Jadi, coba deh packing baju dan barang- barang lain yang sesuai dengan cuaca kota atau negara tujuan, dan bawa yang benar- benar akan dipakai saja. Jangan sampai liburanmu malah jadi repot karena terlalu banyak membawa barang, ya.

2. Tidak Menyiapkan Budget Secara Matang

Credit: travelinfo.id

Ada berbagai macam budget travelling yang harus disiapkan, selain budget secara keseluruhan, ada pula budget oleh- oleh atau untuk jajan. Jangan terlalu santai dengan mengandalkan kartu kredit atau debut, karena bisa saja tempat yang kamu kunjungi hanya menerima pembayaran cash. Pastikan juga kamu menggunakan uangmu dengan bijak dan tidak berlebihan, ya.

3. Menyimpan Barang Penting di Sembarang Tempat

Credit: blog.reservasi.com

Ketika kamu terlalu sibuk mengurusi berbagai hal lain, seringkali jadi lalai menyimpan dokumen dan barang- barang penting, dan bahkan menaruhnya disembarang tempat.

Pastikan dokumen yang kamu bawa saat liburan seperti passport, visa, dompet, atau kartu identitas ditaruh dengan rapih di satu tempat yang mudah dijangkau. Jadi, saat liburan kamu tidak kelupaan dimana kamu menaruh dokumen penting tersebut dan bisa menikmati perjalananmu.

4. Terlalu Fokus dengan Gadget

Credit: cheapoair.com

Kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak menikmati liburan dengan waktu yang dimiliki. Membagikan foto saat liburan di sosial media memang tidak salah, namun jika setiap waktumu hanya dipakai untuk bermain gadget, maka liburanmu jadi sia- sia.

Oleh karena itu, berbagilah foto liburanmu dengan cukup dan nikmati apa yang ada di depan matamu. Jangan sampai liburanmu jadi sia- sia hanya karena kamu tidak bisa lepas dari kebutuhan konten.

5. Terobsesi Untuk Berbelanja

Credit: today.com

Membeli oleh- oleh untuk orang lain atau diri sendiri itu hal yang wajar dilakukan. Namun, jika kamu melakukan kegiatan ini secara berlebihan, maka ini tidak lagi wajar. Apalagi jika belanjaan kamu melebihi budget yang sudah disiapkan.

Saat berjalan- jalan, kamu cenderung lapar mata dengan semua barang yang ada di toko. Jadi, kamu harus tetap bisa membedakan mana yang memang perlu dibeli dan yang hanya sekedar keinginan saja. Dan tanpa disadari, hal ini juga sering membuat dompetmu terkuras habis, lho.

 

Nah, itulah beberapa hal yang bisa membuat liburanmu jadi tidak maksimal dan kurang menyenangkan. Jadi, cobalah untuk memprioritaskan hal- hal penting dan kenyamanan kamu selama liburan, ya.

 

 

Featured Image - vox.com