Sebagian besar karyawan pasti pernah mengalami pengalaman yang tidak enak dengan para atasannya. Hal yang paling sering terjadi adalah karyawan merasa pekerjaannya tidak dihargai sama sekali. Jika kamu memiliki tanggung jawab pada sebuah tim, maka ada baiknya hargai bawahanmu.

Hal ini bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya yang paling sederhana adalah mengapresiasi pekerjaan tim kamu. Meskipun hanya pekerjaan kecil, tetapi sikap ini akan membuat pekerjaan jadi lebih baik dan karyawan betah bekerja di perusahaan.

Nah, menghargai pekerjaan, berikut ini 8 sikap sederhana atasan yang bisa menjadi mood booster bagi karyawannya.

1. Mengucapkan Terima Kasih Secara Langsung

Credit: vox.com

Kata yang sederhana ini dapat diucapkan secara langsung kepada karyawan ketika mereka melakukan pekerjaan yang baik dan hasilnya di atas rata- rata. Kalimat seperti “kerja yang bagus!” dapat meningkatkan moral para pegawai dan membuat mereka merasa dihargai.

2. Mengucapkan Terima Kasih Secara Tulisan

Credit: mercurynews.com

Ketika kamu sedang sibuk dan tidak sempat mengucapkan terima kasih secara langsung. Kamu bisa mengucapkannya lewat memo atau email. Gestur sederhana seperti ini bisa meninggalkan kesan yang besar, sekaligus menjadi mood booster dan penyemangat para karyawan.

3. Beri Hadiah Atau Penghargaan

Credit: metalpromo.com

Memberikan hadiah sederhana seperti kupon atau diskon berbelanja mungkin hanya tindakan kecil. Namun, para karyawan akan merasa senang jika diperlakukan seperti ini dengan atasan mereka.

Selain hadiah, kamu juga bisa memberikan penghargaan pada karyawan yang memiliki kinerja tinggi, berilah mereka apresiasi sebagai tanda penghargaan kepada karyawan.

4. Tanyakan Keinginan Atau Tujuan Karyawan

Credit: saba.com

Dengan melakukan komunikasi dan bertemu karyawan secara teratur, kamu bisa menanyakan keinginan mereka atau bahkan membantu untuk mencapai keinginan tersebut. Dengan begini, karyawan pasti akan menghargai usaha kamu.

5. Umumkan Prestasi Karyawan

Credit: medium.com

Jika ada karyawan yang memiliki prestasi atau pekerjaan yang sangat baik, kamu bisa mengumumkannya kepada semua karyawan. Bicaralah mengenai prestasi dan ucapkan terima kasih pada karyawan tersebut.

Hal ini tidak hanya menghargai karyawan yang berprestasi saja, tetapi juga memungkinkan karyawan lainnya untuk menerima apresiasi dari rekan kerjanya.

6. Percayakan Karyawan Untuk Proyek yang Lebih Tinggi

Credit: benefitstrategiesinc.ca

Cara lain untuk menjadi mood booster dan penyemangat kerja karyawanmu adalah dengan memberikan mereka proyek yang lebih besar. Hal ini merupakan tanda bahwa kepercayaan atasan kepada karyawannya sudah bertambah dan semakin kuat.

7. Buat Pujian Dengan Jelas

Credit: 5bestthings.com

Jika kamu memuji karyawanmu, pastikan pujian tersebut tepat sasaran. Jangan hanya sedar bilang “kerja bagus” saja. Tapi kamu perlu lebih spesifik seperti “kerja bagus. Saya suka susunan laporan yang kamu buat. Rapih dan detail”.

8. Bergaul Dengan Karyawan

Credit: upskilled.edu.au

Cara yang paling ampuh untuk menjadi mood booster para karyawan adalah dengan bergaul, berkomunikasi, dan mengobrol dengan karyawanmu. Langkah ini bisa mendekatkan atasan dengan karyawan sehingga jalinan kerja terasa tidak kaku.

 

Nah, itulah beberapa sikap atasan yang bisa menjadi mood booster para karyawannya agar mereka lebih merasa dihargai dan semakin semangat bekerja. Kamu sudah melakukan sikap yang mana nih?

 

 

Featured Image - businessinsider.com