Berikut Ini 6 Kesalahan yang Sering Membuat Bisnis Gagal

Berikut Ini 6 Kesalahan yang Sering Membuat Bisnis Gagal

font size A Ǎ

Pasti kamu pernah membaca daftar orang terkaya di dunia, dan jika Kamu menyadarinya hampir semua orang tersebut adalah seorang wirausaha atau entrepreneur. Kebanyakan dari mereka merintis usahanya dari nol, jatuh bangun, dan akhirnya menjadi pengusaha sukses.

Ini bisa menjadi pembelajaran penting bagimu yang ingin sukses menjadi entrepreneur. Bangunlah bisnis sendiri dan jadilah entrepreneur yang hebat. Membangun bisnis sendiri memang tidak mudah.

Nah, jika saat ini Kamu sedang berusaha untuk membangun bisnismu, yuk hindari beberapa kesalahan ini agar peluang sukses kamu semakin besar.

1. Ingin Kaya Dengan Cepat

Berikut Ini 6 Kesalahan yang Sering Membuat Bisnis Gagal

Credit: fool.com

Membangun bisnis sendiri agar jadi kaya itu sebenarnya sah- sah saja. Namun, ingat, tidak ada kesuksesan yang terjadi secara instan. Kisah sukses para pengusaha yang hebat adalah hasil dari proses panjang.

Jadi, cobalah untuk bersabar dan tekun dalam membangun serta membesarkan bisnis Kamu. Serta hargai setiap proses yang kamu lalui.

2. Tidak Awas Dengan Persaingan

Berikut Ini 6 Kesalahan yang Sering Membuat Bisnis Gagal

Credit: jojonomic.com

Persaingan akan selalu ada. Meskipun kamu menilai bisnis yang Kamu bangun memiliki keunikan sendiri, tapi tetap jangan lengah pada potensi pesaing. Para pesaing bisnis Kamu perlu untuk dilihat dan dipelajari kelebihan maupun kekurangannya. Berpergang pada keunikan bisnis sendiri tidak harus membuat Kamu jadi acuh atau cuek dengan para pesaing di luar sana.

3. Memiliki Target yang Kurang Realistis

Berikut Ini 6 Kesalahan yang Sering Membuat Bisnis Gagal

Credit: jobsforeditors.com

Memiliki target sangat penting agar bisnismu lebih cepat berkembang dan memiliki tujuan yang spesifik. Namun, hindari membuat target yang kurang realistis. Sebuah target harus terukur, realistis, dan memiliki target waktu yang spesifik.

Misalnya, Kamu menargetkan penjualan setiap bulan tumbuh 15% dengan evaluasi tiap 3 bulan. Nah, angka 15% ini masih termasuk masuk akal untuk usaha baru.

4. Tujuan Bisnis Terlalu Dangkal

Berikut Ini 6 Kesalahan yang Sering Membuat Bisnis Gagal

Credit: entrepreneur.com

Miliki tujuan yang lebih dalam dari sekedar mendapatkan uang dari bisnis Kamu. Banyak hal yang lebih besar dan berharga dibanding uang. Banyak usaha yang sukses karena dimulai dari tujuan yang baik. Seperti untuk membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi orang yang membutuhkan.

5. Menjual Produk Terlalu Murah

Berikut Ini 6 Kesalahan yang Sering Membuat Bisnis Gagal

Credit: windowsreport.com

Harga barang atau jasa yang lebih murah tidak selalu mendatangkan penjualan yang lebih banyak juga. Para pembeli sekarang ini akan semakin selektif menilai kualitas barang atau jasa yang mereka beli. Bahkan, banyak dari mereka yang tidak keberatan untuk membayar lebih, asalkan kualitas barang atau layanan yang didapatkan sepadan.

Jadi, strategi harga murah tidak selalu tepat, ini tergantung pada target pasar, jenis barang, atau jasa yang dijual.

6. Mudah Frustasi

Berikut Ini 6 Kesalahan yang Sering Membuat Bisnis Gagal

Credit: bmmagazine.co.uk

Memiliki bisnis sendiri berarti Kamu harus siap menghadapi kondisi ketidakpastian. Berbeda dengan saat menjadi karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, pasti mereka sudah memiliki sistem tersendiri. Menjadi seorang entrepreneur, berarti Kamu harus menciptakan sistem tersendiri, merawat, dan mengembangkannya agar bisnis terus berjalan. 

Ketika membangun suatu usaha, di tengah jalan pasti banyak tantangan. Namun, seorang calon pebisnis yang sukses harus bisa mengatasi rasa stres atau frustasi saat menghadapi tantangan tersebut. Kualitas umum yang dimiliki oleh seorang entrepreneur sukses adalah mereka yang selalu mampu melihat tantangan sebagai peluang untuk melahirkan nilai tambah.

 

Nah, itulah keenam kesalahan yang seringkali membuat suatu bisnis menjadi gagal. Untuk Kamu yang sedang atau akan membangun bisnismu, coba perhatikan kembali hal- hal tersebut ya!

 

 

Featured Image - catalystforbusiness.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!