Greek yogurt adalah satu dari beberapa jenis pilihan yogurt yang bisa dengan mudah ditemui. Berbeda dengan yogurt jenis lainnya, greek yogurt memiliki tekstur kental, tapi tetap lunak sehingga aman dikonsumsi untuk semua orang.

Selain itu, greek yoghurt juga memiliki banyak kebaikan untuk tubuh. Seperti:

 

1. Kandungan protein tinggi

Credit: IDN Times

Protein adalah nutrisi penting terutama untuk meningkatkan energi tubuh sekaligus menjalankan beragam fungsi tubuh lainnya. Kebutuhan protein yang cukup akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, fungsi saraf, serta mengatur keseimbangan cairan.

Semua jenis yogurt umumnya kaya akan protein, tapi greek yogurt mengandung protein dua kali lebih banyak dibandingkan dengan yogurt biasa. Ada 15-20 gram protein yang terkandung dalam 6 ons greek yogurt, jumlah ini setara dengan protein dalam 3 ons daging tanpa lemak.

 

2. Mengandung probiotik

Credit: Fox New

Probiotik adalah bakteri baik yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik lainnya di dalam usus. Dengan rutin mengonsumsi makanan sumber probiotik bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengurangi sakit perut dan diare.

Tidak hanya menjaga kesehatan sistem pencernaan saja, probiotik juga bisa memengaruhi kondisi otak. Mulai dari meredam otak untuk berpikir mengenai kesedihan, hingga memperbaiki pikiran mengenai hal-hal baik.

 

3. Mengandung kalsium tinggi

Credit: Hello Sehat

Manfaat greek yogurt lainnya yaitui kaya akan kandungan kalsium. Kalsium merupakan kunci untuk membangun sekaligus mempertahankan fungsi otot dan tulang yang kuat. Greek yogurt bisa jadi pilihan ideal untuk semua kalangan usia, terlebih orang dewasa atau lanjut usia yang rentan kena osteoporosis.

Selain itu, tekstur greek yogurt yang cenderung creamy membuat lebih mudah saat dikunyah, khususnya bagi orang lanjut usia yang memiliki masalah saat mengunyah makanan.

 

4. Rendah laktosa

Credit: Suara

Berbeda dengan jenis yogurt lainnya, greek yogurt memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah daripada yogurt biasa. Bahkan, jika kamu memilih greek yogurt tanpa rasa, biasanya tidak mengandung gula susu.

Oleh karena itu, greek yogurt aman dikonsumsi bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa (intoleransi laktosa).

 

5. Rendah karbohidrat

Credit: Liputan 6

Greek yogurt biasanya mengandung gula yang lebih rendah daripada yogurt lain pada umumnya, maka total karbohidrat yang terkandung dalam greek yogurt pun akan lebih sedikit.

Karena itu, greek yogurt merupakan salah satu pilihan makanan sehat untuk kamu yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

 

6. Kaya akan vitamin B-12

Credit: Tribun News

Meski hadir dengan kandungan gula yang rendah, tetapi greek yoghurt tetap memberikan vitamin dan mineral yang optimal untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin B-12. Vitamin B-12 berperan dalam pembentukan sel darah merah, menunjang fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, dan lain sebagainya.

 

Featured Image - Hello Sehat