Tidak semua orang yang terlihat baik-baik saja tidak mempunyai masalah, terlebih masalah psikis. Walau terlihat tenang tapi jika sudah lesu, susah konsentrasi dan pada akhirnya tidak produktif – bisa jadi orang tersebut sedang mengalami depresi.

Menarik diri dari lingkungan sekitar, mudah putus asa, sampai kehilangan nafsu makan adalah beberapa tanda-tanda dari depresi. Terlepas dari tanda-tanda tersebut, namun tetap saja ada orang-orang seperti itu yang masih mengerjakan rutinitas.

Pertanyaannya adalah apakah hasil pekerjaannya akan maksimal dan optimal? Untuk mengetahui lebih lanjut hal ini, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

Bisa Saja Bekerja Seperti Biasa, Tapi…

Credit: peoplemanagement.co.uk

Percaya atau tidak kalau ternyata tidak semua orang yang depresi langsung menarik diri dari aktivitas rutinnya. Hal ini terkait dengan tingkat keparahan depresi itu sendiri. Depresi sendiri mempunyai beberapa jenis dan juga hal-hal yang menyebabkannya.

Setidaknya ada dua jenis depresi yang paling sering didiagnosis. Pertama adalah depresi mayor atau depresi berat dan yang kedua adalah depresi kronis. Lho, apa bedanya ya? Perbedaannya terletak di kemunculan gejalanya.

Kalau di depresi mayor atau depresi berat, biasanya gejalanya terjadi dalam tingkat yang sudah cukup parah, tapi periode terjadinya hanya beberapa minggu atau bulan. Sedangkan depresi kronis, gejalanya tidak terlalu parah tapi periodenya bisa lebih dari dua tahun.

Nah, di jenis depresi kronis inilah orang-orang masih bisa menjalani aktivitas sehari-harinya. Depresi kronis dikerucutkan lagi oleh para ahli sampai ke tahapan depresi high functioning. Depresi ini seolah tidak memberikan efek yang berarti tapi bisa menurunkan dorongan untuk menjalani hari-harinya.

Mengetahui Apa Itu Depresi High Functioning

Credit: anniewrightpsychotherapy.com

Walau terlihat baik-baik saja karena masih bisa menjalani aktivitas hari-hari seperti biasa, tapi penderita depresi yang satu ini sebenarnya sudah kehilangan makna dari hal-hal yang dilakukannya. Singkatnya, hanya menjalankan rutinitas tanpa punya tujuan.

Oleh karena itu, biasanya mereka-mereka ini tidak lagi punya keinginan untuk menikmati hidup, menarik diri dari lingkungan, menjadi lebih pendiam dan murung. Tapi, tetap bisa melakukan pekerjaan atau menjalani hari-hari seperti biasa.

5 Tanda Sederhana Depresi High Functioning

Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa hal yang bisa menjadi parameter untuk mengetahui apakah kamu mengidap depresi high functioning.

Pertama, kamu akan lebih serung murung dan suram. Hal ini bisa terlihat dari tidak adanya apresiasi dan perasaan bahagia walau ada hal baik yang sedang terjadi.

Credit: glamour.com

Kedua adalah mulai bersikap terlalu kritis. Jika pada porsinya, sikap kritis tentu baik. Tapi jika sudah keterlaluan, ada kemungkinan kamu mengidap depresi jenis ini. Hal ini dikarenakan oleh munculnya pikiran negatif yang biasanya tidak bisa dibendung lagi.

Credit: businessinsider.sg

Ketiga adalah terus merasakan keraguan. Seperti tidak ada hal yang pasti di dalam diri kamu. Ragu dalam kemampuan, bakat serta kapabilitas diri untuk mencapai suatu hal adalah salah satu tanda-tanda depresi high functioning.

Credit: nakita.grid.id

Keempat – mudah marah. Percaya atau tidak kalau untuk hal-hal sepele yang tidak sesuai dengan keinginan kamu, kamu akan gampang marah untuk hal tersebut. Depresi memang membuat mood seseorang mudah terganggu dan sulit dikendalikan.

Credit: healingthebody.ca

Kelima yaitu cepat merasa cemas, dan kadang malah berlebihan. Hal ini tentu terkait dengan istilah overthinking di mana kamu akan merasa banyak sekali resiko yang tidak bisa dihadapi dan memutuskan untuk putus asa duluan.

Credit: today.com

Apa yang Bisa Dilakukan Ketika Mengidap Depresi Jenis Ini?

Salah satu yang pasti adalah langsung saja berkonsultasi dengan para pakar seperti psikiater, psikolog dan orang-orang terkait lainnya.

Selain itu menjaga pola hidup sehat adalah salah satu caranya juga, lho. Makan dengan nutrisi seimbang, rutin berolahraga dan tidur atau istirahat yang cukup adalahEnervon Active yang bisa menunjang aktivitas harian Kamu jadi lebih baik!

 

 

Featured Image - tlnt.com