Virus coronamencegah penularan virus corona.

Menjaga kebersihan tangan tidak hanya sekedar mencuci tangan menggunakan air saja. Namun, kamu perlu memahami cara mencuci tangan yang benar dan menerapkan perlindungan ekstra agar semakin optimal.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan Untuk Mencegah Virus Corona

Credit: thestar.com

Virus corona merupakan kelompok virus yang menyerang saluran pernapasan. Virus ini sebenarnya tidak bertahan lama di udara maupun permukaan benda, tapi kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan tangan bisa mendukung penyebarannya.

Oleh karena itu, penting untuk mencuci tangan. Ini adalah cara paling sederhana untuk mencegah virus corona semakin menyebar.

Berikut ini merupakan langkah- langkah mencuci tangan yang baik dan benar:

  1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu tuang sabun secukupnya.
  2. Gosok kedua telapak tangan.
  3. Gunakan tangan kanan untuk menggosok punggung tangan dan jari- jari tangan kiri kea rah depan. Ulangi dengan tangan satunya.
  4. Masukkan jari- jari tangan kanan ke sela jari tangan kiri, lalu gosokkan keduanya.
  5. Rapatkan jari tangan, bentuk seperti kait. Kemudian, gosok kedua tangan serta sela- sela jari.
  6. Genggam ibu jari kiri dengan tangan kanan, lalu pitar beberapa kali. Ulangi dengan tangan satunya.
  7. Gosok telapak tangan kiri dengan ujung jari tangan kanan. Ulangi dengan tangan satunya.
  8. Bilas tangan hingga sabun hilang dan keringkan.

Jika di sekitarmu tidak terdapat air, kamu bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung minimum 60-90% alkohol. Hand sanitizer dapat menjaga kebersihan tangan dan mengurangi jumlah kuman, tapi ini mungkin tidak seefektif ketika kamu mencuci tangan.

Perlukah Perlindungan Ekstra Untuk Mencegah Virus Corona

Credit: zdf.de

Mencuci tangan sebenarnya merupakan cara ampuh untuk  mencegah penularan virus corona. Namun, kamu mungkin memerlukan perlindungan ekstra jika tinggal di wilayah yang rentan terinfeksi atau harus melakukan kontak dengan banyak orang.

Sediakan masker dan sarung tangan sekali pakai. Gunakan saat kamu berpergian ke tempat umum dan menggunakan transportasi umum. Pastikan kamu menggunakan sarung tangan ketika menyentuh gagang pintu, permukaan meja, dan barang lain yang sering disentuh orang.

Ketika kamu harus melepas sarung tangan, hindari menyentuh mata atau wajah. Sebelum memakai sarung tangan kembali, cuci tangan menggunakan sabun dan pastikan benar- benar kering. Hindari menggunakan sarung tangan yang lembab.

Tidak hanya tangan, kamu juga bisa melakukan berbagai cara untuk mencegah tertular virus corona, yaitu dengan:

  • Pertama, yang paling penting adalah Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah sakit. Karena, ketika sistem imun tubuhmu tinggi, maka tubuh pun akan terhindar dari berbagai macam virus maupun penyakit.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak bersih.
  • Tutup mulut dan hidung ketika bersin dengan menggunakan tisu atau masker, setelah itu buang tisu atau masker dan cuci tangan. Jika tidak ada tisu, gunakan lengan untuk menutupi hidung dan mulut ketika bersin. Hindari menutup hidung dan mulut dengan menggunakan telapak tangan.
  • Bersihkan benda- benda yang ada di sekitarmu.
  • Terapkan pola hidup sehat, seperti makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, cukupi kebutuhan air, dan olahraga rutin.

Itulah pentingnya mencuci tangan dab beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama di musim virus Corona seperti sekarang ini. Yang paling penting adalah jangan panik! Karena ketika panik kamu akan stress, dan ini dapat menurunkan sistem imun tubuhmu.

 

Featured Image - insider.com