Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), diperkirakan lebih dari 300 juta orang dari berbagai usia di dunia mengalami depresi. Tidak hanya menyebabkan ganggan mental saja, tetapi depresi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik karena ketika depresi dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Secara medis, depresi merupakan gangguan suasana hati yang ditandai dengan adanya rasa sedih, kehilangan minat untuk melakukan berbagai hal, dan rasa lelah atau kehilangan energi secara terus menerus. Kondisi ini juga dapat disertai dengan adanya perasaan rendah diri, penurunan konsentrasi, merasa tidak berharga, selalu merasa bersalah, mengalami gangguan nafsu makan dan pola tidur.

Depresi dan Efek Negatifnya

Credit: brainwellnessspa.com.au

Seperti yang sudah diketahui, depresi tidak hanya menyebabkan masalah mental. Namun, juga menyebabkan dampak negative bagi kesehatan fisik karena dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. kondisi ini dapat membuat seseorang lebih mudah sakit atau terserang infeksi.

Menurut psikolog dan salah satu peneliti dana uji klinis Janice Kiecolt-Glaser mengatakan bahwa tubuh dapat menunjukkan respons depresi yang bervariasi, bahkan terkait dengan hal yang dilakukan dalam sehari- hari. Dan yang pasti, depresi memang terbukti menyebabkan terjadinya perubahan jangka panjang pada sistem daya tahan tubuh.

Lalu, penelitian lain mengungkapkan bahwa orang yang depresi cenderung memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas, kehidupan sosial, dan pekerjaannya. Bahkan jika terus berlanjut, depresi dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai kondisi berikut ini:

  • Perubahan berat badan
  • Badan lemas dan merasa sangat lelah
  • Menyebabkan penyakit jantung dan stroke
  • Keinginan untuk mengakhiri hidup atau bunuh diri

Yuk, Atasi Segera!

Credit: healthline.com

Depresi terbukti memiliki berbagai dampak buruk, bagi kesehatan jiwa dan fisik. Oleh karena itu, jika kamu pernah atau sedang mengalami hal ini, usahakan untuk segera cari bantuan untuk terbebas dari kondisi ini. Kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengatasi depresi:

  • Cari tahu apa penyebab utama depresi dan segera temukan jalan keluarnya.
  • Sempatkan waktu untuk bercerita tentang masalah yang membebani kamu dengan keluarga atau teman dekat.
  • Lakukan hobi atau aktivitas kesukaanmu. Jika perlu, lakukan hobi tersebut sambil jalan- jalan ke luar kota atau negeri.
  • Dekatkan diri dengan Sang Pencipta, baik dengan beribadah, berdoa, atau merenung.
  • Periksakan diri ke dokter atau psikiater.

Deteksi dan tangani depresi sedini mungkin adalah cara terbaik untuk mencegah kemungkinan terburuk yang bisa timbul akibat kondisi ini. Jangan biarkan depresi menurunkan daya tahan tubuh atau kualitas hidupmu, hingga menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Selain dengan mengobati atau mencegah depresi, tingkatkan daya tahan tubuhmu dengan menjalani hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, cukupi kebutuhan cairan, dan konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk bantu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

 

Featured Image - elitedaily.com