Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Kamu pasti diajarkan bahwa manusia itu harus saling tolong menolong, dan tentu saja hal yang dilakukan bersama- sama dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Hal ini juga berlaku pada teamwork dalam bekerja. Menjadi anggota tim kerja pasti akan terasa lebih mudah ketika sesama anggotanya memiliki tujuan yang sama.

Memiliki kesamaan tujuan saja tidaklah cukup, masih ada berbagai hal yang perlu dimiliki teamwork agar dapat sukses. Salah satu hal yang harus dimiliki teamwork adalah intercultural skill. Kemampuan ini penting dalam menghadapi perbedaan di tim kerja.

Apa saja intercultural skill yang perlu dimiliki anggota teamwork? Berikut ini ulasannya.

1. Open Minded

Credit: creativemarket.com

Setiap anggota perlu memiliki sikap terbuka agar dapat memahami perbedaan yang ada. Sebelum memutuskan untuk masuk ke sebuah perusahaan, kamu harus siap menerima semua hal- hal yang bisa saja bertentangan dengan nilai dan kebiasaanmu.

Hal ini tentu juga berlaku dalam menerima segala perbedaan yang ada di dalam tim kerja kamu nantinya.

2. Nonjudgement

Credit: roberthalf.com

Ketika bekerja dalam sebuah tim kerja, cobalah untuk menghindari menghakimi terhadap perbedaan yang ada. Kamu perlu berhati- hati dengan stereotype. Hindari peimikiran mengenai suatu golongan berdasarkan prasangka yang subjektif dan tidak tepat. Sifat seperti ini tentunya dapat membuat teamwork tidak berjalan dengan lancar.

3. Self- Esteem

Credit: indianexpress.com

Bangunlah kepercayaan diri dan harga diri kamu yang kuat. Kamu harus percaya pada kemampuan kamu dan masing- masing orang. Karena, setiap orang memiliki kemampuannya masing- masing yang dapat dikontribusikan pada tim kerja, dan membuat tim tersebut semakin kuat.

4. Self- Control

Credit: businessdaily24.com

Dalam beberapa situasi, terutama saat bekerja secara tim, kamu harus bisa mengendalikan dirimu. Pertimbangkan terlebih dahulu dengan matang, apakah perilaku dan pendapat yang akan kamu lakukan dapat mengganggu atau menyinggung perasaan orang lain.

5. Emphaty

Credit: redbooth.com

Tunjukkan perasaan tulusmu ketika sedang merespon orang lain. Salah satunya, kamu bisa menjadi pendengar yang baik bagi anggota tim kerjamu. Perlihatkan pada mereka bahwa kamu memiliki minat dan kepedulian terhadap orang lain ketika sedang menyampaikan perasaan atau pendapat mereka.

6. Interacting Involvement

Credit: careers.workopolis.com

Selalu libatkan dirimu dalam interaksi teamwork. Hal ini bisa dilakukan melalui ngobrol, sharing, atau bentuk interaksi lainnya yang dapat membantumu memperoleh pengetahuan baru.

7. Self- Monitoring

Credit: http://zenworkplace.com/

Selalu lakukan control terhadap dirimu sendiri, coba pikirkan kembali apakah selama ini kamu sudah dapat beradaptasi dengan baik atau belum dengan tim kerjamu. Kalau belum, yuk mulai sekarang coba beradaptasi dan dekatkan dirimu dengan tim kerjamu, agar hubungan semakin kuat dan hasil pekerjaan pun semakin memuaskan.

 

Nah, itulah ketujuh intercultural skill yang perlu dimiliki oleh setiap anggota teamwork. Mulai sekarang, siapkan dirimu untuk menjadi anggota tim yang baik dalam teamwork.

 

Featured Image - cuinsight.com