Penyebaran virus corona di Indonesia dinilai cukup pesat. Hal ini disebabkan oleh sampainya pemerintah serta pihak terkaitnya untuk menerapkan work from home dan social distancing. Walau begitu, kamu tidak perlu panik, ya.

Kepanikan yang berlebih juga tidak bagus, namun waspada tentu boleh-boleh saja. Untuk mengantisipasi paparan virus corona, beberapa hal bisa kamu lakukan selain menerapkan social distancing sementara ini.

mempunyai daya tahan tubuh yang optimal.

Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal dan fit – pastikan kamu selalu mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi baik serta melengkapinya dengan multivitamin. Seperti Enervon C, kamu bisa minum ini tiap hari, kok. Tenang, aman untuk tubuh kamu, ya.

 

 

Terlepas dari hal tersebut, social distancing tentu membuat kamu akan bekerja dari rumah. Supaya selalu efektif, ada beberapa hal atau tips cerdik buat kamu supaya work from home nya selalu maksimal. Penasaran apa saja tipsnya? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Bangun Tempat Kerja yang Nyaman

credit: review1st.com

Tidak punya ruang kerja sendiri di rumah? Tidak masalah, kok. Kamu tetap bisa membangun sendiri ruang kerja yang nyaman. Mungkin bisa dimulai dari tidak di tempat tidur. Membuka laptop di atas tempat tidur mempunyai resiko rebahan dan berakhir dengan film series yang seru-seru, lho!

Oleh karena itu, kamu bisa memilih ruang seperti teras, ruang keluarga, bahkan meja kecil dekat taman belakang yang bisa kamu sulap untuk jadi ruang kerja sendiri. Oh iya, pastikan internet yang kamu miliki mempunyai jaringan yang stabil sehingga konektivitas kamu tetap maksimal.

Oh iya, ini cukup penting lho – jangan keasyikan bekerja di depan laptop dan kamu lupa minum, ya. Bawa botol kecil berisikan air minum supaya kamu tidak dehidrasi!

 

Aplikasi Penjaga Komunikasi

credit: suara.com

Walau terbiasa dengan Whatsapp – tapi jika berada di dalam kondisi seperti work from home – mungkin kamu dan teman kantor lainnya perlu aplikasi chatting yang lebih efektif. Banyak kok macamnya – salah satunya yang cukup populer adalah Slack.

Dengan menggunakan aplikasi khusus untuk chatting yang bertemakan ‘ngantor’ kamu tetap mesti menjaga komunikasi dengan teman-teman lainnya ya. Hal ini tentu bertujuan untuk memastikan pekerjaan individu atau kelompok kamu tetap selesai dengan tepat waktu!

 

Work Flow yang Jelas

 

Jangan mentang-mentang di rumah, kamu bisa memulai pekerjaan seenaknya saja, ya! Untuk hasil yang optimal saat bekerja dari rumah – kamu mesti menyiapkan alur kerja yang jelas. Ingat, lho – bekerja di rumah tetap beresiko tidur-tiduran saja, nih!

Oleh karena itu, pastikan kamu membuat jadwal tersendiri yang mesti kamu patuhi. Misalnya, sudah dipastikan di jam 8-9 pagi kamu sudah berada di depan laptop dan menghubungi teman-teman kantor untuk menanyakan siap mengerjakan pekerjaan selanjutnya.

 

Jadwal Pasti Untuk Laporan

 

Masih terkait dengan tips nomer tiga di atas – kamu juga mesti menyiapkan jadwal rutin atau jadwal yang pasti untuk memberikan laporan kepada pihak terkait ya! Hal ini akan semakin mudah memonitori diri kamu apakah work from home nya berjalan dengan baik.

 

Perlu Lakukan Online Meeting

credit: ussfeed.com

Percaya atau tidak – salah satu tips agar work from home kamu tetap berjalan lancar dan optimal serta pekerjaan selesai, pastikan kamu membuat jadwal tersendiri untuk bertemu teman-teman di dalam jaringan.

Online meeting bisa kamu lakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi, lho. Skype, Slack, Zoom adalah deretan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengobrol serta berdiskusi soal pekerjaan dengan teman-teman kantor kamu lainnya!

 

Respon Percakapan di Grup Kantor

 

Nah, kalau yang satu ini – agar pihak managemen tahu dan mengerti kalau work from home berjalan dengan lancar, kamu mesti kompak-kompak dan peka untuk merespon percakapan di grup kantor ya! Hal ini tidak lain tidak bukan untuk memastikan diri kamu juga mendapatkan berita terbaru dari kantor!

 

Keadaan Darurat? Tinggalkan Pesan!

credit: thejakartapost.com

Tips ke tujuh – jika memang ternyata kamu berada di dalam kondisi darurat dan tidak bisa mengerjakan pekerjaan kantor dari rumah – pastikan kamu meninggalkan pesan untuk teman-teman agar mereka bisa mem-back up pekerjaan kamu ya.

 

 

Pastikan kamu melakukan hal ini agar tidak ada salah komunikasi di antara teman kantor pada saat work from home ini.

 

Feature Image – liputan6.com