Berenang merupakan salah satu olahraga yang digemari. Selain bisa menyehatkan, berenang sering menjadi rekreasi dan waktu bermain bagi sebagian besar orang.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, berenang dapat membantu menyehatkan tubuh dan juga otak. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari olahraga renang, yaitu:

 

1. Meningkatkan Aliran Darah ke Otak

Credit: Top Media

Dengan rutin olahraga renang, aliran darah yang mengalir ke otak akan lebih lancar. Selain itu, berenang dapat membantu meningkatkan memori, suasana hati, dan tingkat kefokusan seseorang.

Selain itu, membenamkan tubuh ke kolam bisa membuat aliran darah ke otak meningkat sebesar 14 persen. Sedangkan aliran darah ke arteri serebral posterior meningkat sebesar 9 persen.

 

2. Merangsang Produksi Hormon di Otak

Credit: Hipwee

Selain meningkatkan aliran darah, berenang mampu membuat otak melepaskan hormon endorfin yang bermanfaat untuk mengelola stress dan kecemasan, serta memperbaiki suasana hati. Dan hal ini bisa membuat kamu terhindari dari depresi.

 

3. Meningkatkan Kemampuan Mengingat

Ketika sel otak tidak lengkap, maka hal tersebut dapat mengganggu kemampuan otakmu dalam mengingat. Berenang dapat menggantikan neuron atau sel otak yang hilang. Selain itu, gangguan lainnya di otak akibat neuron yang rusak juga bisa membuat seseorang rentan terkena depresi.

 

4. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Credit: Hipwee

Gerakan yang kamu lakukan saat berenang dapat membantu menumbuhkan serabut saraf, yang berfungsi sebagai penghubung antara otak kiri dan kanan. Ketika kedua bagian otak ini bergerak secara bersamaan, maka kemampuan motorik pun akan mengingkat.

 

5. Bentuk Tubuh Ideal

Credit: Jawa Pos

Olahraga renang merupakan pilihan tepat bagi kamu yang menginginkan bentuk tubuh ideal. Bagian bicep dapat terbentuk secara efektif dan baik jika kamu rutin melakukan olahraga ini. Hal ini dikarenakan berenang mampu membuat seluruh anggota tubuh bergerak.

 

6. Meredakan Radang Sendi

Postur tubuh yang kurang ideal dan baik, dapat diperbaiki dengan melakukan olahraga renang. Berenang mampu mengurangi masalah yang sering menyerang tulang bagian belakang. Gerakan saat berenang juga dapat memperkuat otot dan menjadikannya semakin kencang.

 

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Credit: Jawa Pos

Manfaat berenang yang jarang diketahui orang yaitu mampu menurunkan resiko terkena diabetes. Hal ini dikarenakan berenang mampu membakar kalori dan lemak jahat hingga gula. Sehingga kamu pun terbebas dari diabetes.

 

8. Panjang Umur

Credit: Hipwee

Manfaat berenang lainnya adalah mampu memanjangkan usia. Dengan rutin melakukan olahraga renang, maka usia kamu bisa lebih panjang dan tetap bugar di usia senja.

 

9. Terapi saat Cidera

Jika saat cidera otot maka salah satu alternatif pemulihannya adalah dengan berenang. Bahkan, banyak atlet olahraga yang mengobati cidera dengan melakukan olahraga renang.

 

Featured Image - Merdeka