Bantu Jaga Kesehatan, Ini 5 Rekomendasi Latihan Daya Tahan yang Bisa Dicoba!

Bantu Jaga Kesehatan, Ini 5 Rekomendasi Latihan Daya Tahan yang Bisa Dicoba!

font size A Ǎ

Pandemi virus corona memang mengharuskan masyarakat lebih banyak tinggal di rumah – termasuk dalam melakukan berbagai aktivitas, mulai dari bekerja, kegiatan belajar mengajar, hingga berolahraga.

Di kondisi seperti ini – menjaga daya tahan tubuh, salah satunya dengan rutin melakukan aktivitas fisik, penting dilakukan, lho. Tak butuh olahraga yang terlalu berat, atau bahkan sampai menguras banyak tenaga kok, kamu cukup melakukan intensitas ringan, misalnya latihan daya tahan – di dalam rumah ataupun di sekitar tempat tinggal.

Yang perlu diingat, kalau memilih olahraga di luar ruangan, pastikan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan pilih lokasi yang tidak terlalu ramai ya – jadi physical distancing alias jaga jarak masih tetap bisa dijalani.

Nah, untukmu yang lebih memilih berolahraga di dalam rumah – berikut ini ada lima latihan daya tahan yang dapat dilakukan, lho. Penasaran apa saja?

Yuk, simak ulasan lengkapnya sampai habis ya, Enervoners!

 

 

1. Latihan Daya Tahan Otot: Bantu Jaga Keseimbangan

Bantu Jaga Kesehatan, Ini 5 Rekomendasi Latihan Daya Tahan yang Bisa Dicoba!

Credit image - klikdokter.com

Latihan daya tahan yang dapat kamu lakukan di rumah – pertama, yaitu olahraga kekuatan otot. Jenis aktivitas fisik ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan metabolisme, hingga melancarkan peredaran darah, lho.

Adapun berbagai gerakan yang bisa dilakukan dalam latihan daya tahan ini, seperti squat, lunges, plank, dan push-up. Atau, bisa juga lakukan gerakan angkat beban – menggunakan botol minum berukuran 600 ML.

Ingat, sebelum melakukan latihan kekuatan otot, pastikan kamu sudah melakukan pemanasan terlebih dahulu ya – baik berupa jalan cepat, maupun stretching selama 5-10 menit.

 

2. Latihan Aerobik Jadi Alternatif Olahraga Lainnya

Bantu Jaga Kesehatan, Ini 5 Rekomendasi Latihan Daya Tahan yang Bisa Dicoba!

Credit Image - lifeberrys.com

Berikutnya, olahraga aerobik – juga menjadi alternatif tepat untukmu yang ingin melakukan olahraga di rumah. Latihan daya tahan ini memang terkenal dengan manfaat baiknya, seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan stamina, memperbaiki suasan hati, hingga bantu menurunkan berat badan.

Senam aerobik biasanya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Kamu wajib mengikuti ketiga bagian tersebut – tujuannya agar olahraga makin maksimal, dan risiko cedera dapat diminimalisir.

 

3. Olahraga Jalan Cepat: Latihan yang Sedang Jadi Tren

Bantu Jaga Kesehatan, Ini 5 Rekomendasi Latihan Daya Tahan yang Bisa Dicoba!

Credit Image - keranews.org

Jenis olahraga yang satu ini – pasti sudah tidak lagi asing terdengar. Jalan cepat, bahkan sampai 10 ribu langkah, sedang menjadi tren yang kerap dilakukan sebagian besar orang. Latihan daya tahan ini – memang terbilang mudah, namun efektif untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama organ jantung.

Jalan cepat merupakan olahraga dengan intensitas ringan yang mudah dilakukan. Kuncinya, yaitu tetap pertahankan kecepatan yang sama, agar jantung dan paru semakin terlatih. Untuk menentukan kecepatan yang tepat – coba untuk berbicara sembari berjalan cepat ya.

Kalau kamu masih mampu berbicara dengan sedikit usaha – artinya, kamu sedang berjalan dalam tempo sedang tapi cepat. Ini merupakan ritme yang pas untuk menjalani olahraga jalan cepat.

 

4. Tak Punya Waktu Olahraga? Lakukan Stretching Saja!

Bantu Jaga Kesehatan, Ini 5 Rekomendasi Latihan Daya Tahan yang Bisa Dicoba!

Credit Image - economictimes.indiatimes.com

Apakah saat ini kamu masih menjalani work from home? Kegiatan WFH kerap mengharuskanmu duduk dan menatap layar dalam waktu yang lama – wah, tak jarang tubuh menjadi mudah pegal dan kaku ya. Hal ini bisa diatasi secara mudah kok, cukup rutin melakukan stretching setiap 2 jam sekali.

Lakukan gerakan peregangan untuk merelaksasi beberapa bagian tubuh – seperti peregangan bahu dan leher, melakukan rotasi tubuh, roll down, atau memutar pergelangan kaki secara bergantian. Lakukan latihan ini selama 10-15 detik setiap sesinya.

 

5. Latihan Lainnya yang Dapat Dilakukan

Bantu Jaga Kesehatan, Ini 5 Rekomendasi Latihan Daya Tahan yang Bisa Dicoba!

Credit Image - doktersehat.com

Ingin melakukan latihan daya tahan lainnya? Tenang, masih ada pilihan yang bisa kamu coba di rumah, lho! Misalnya, olahraga lompat tali – yang bermanfaat untuk melatih kecepatan dalam bergerak, sekaligus dapat membantu membakar kalori.

Atau, dapat lakukan gerakan dancing – yang tutorialnya dapat diliat dari YouTube. Menari dapat membuat jiwa dan raga lebih sehat, meningkatkan fleksibilitas, mengurangi stres, hingga melatih keseimbangan. Wah, latihan daya tahan ini memang terdengar menyenangkan ya!

Biar makin maksimal, lakukan latihan tersebut setidaknya 3-4 kali dalam seminggu.

 

Imbangi Olahraga Dengan Gaya Hidup Sehat Lainnya

Berolahraga, termasuk melakukan latihan daya tahan – memang dapat bantu menjaga sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi, agar semakin maksimal, imbangi pula dengan gaya hidup sehat lainnya. Apa saja yang perlu diterapkan?

Miliki pola makan sehat dan seimbang – pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh, cukupi kebutuhan cairan, dapatkan waktu tidur berkualitas, kelola stres dengan baik, serta optimalkannya dengan rutin mengonsumsi multivitamin.

Untuk multivitamin, kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C – mampu memaksimalkan proses metabolisme agar makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas. Jadi, kamu bisa makin produktif!

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai latihan daya tahan – yang dapat bantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Yuk, mulai lakukan deretan aktivitas tersebut, biar kesehatan makin terjaga!

 

 

Featured Image - glamour.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!