Penggunaan gadget memang sulit sekali dipisahkan dalam kehidupan sehari- hari. Bahkan, banyak orang yang langsung mencari gadget sesaat setelah bangun tidur.

Namun, ketika kamu sudah mulai merasa tidak nyaman saat tidak memegang gadget, sering menggunakan gadget termasuk saat sedang makan atau menyetir, dan kamu sering menunda pekerjaan untuk bermain gadget. Ini perlu diwaspadai, karena mungkin saja kamu sudah kecanduan menggunakan gadget.

Kecanduan gadget tentu bisa menghambat produktivitas kamu. Tapi hal ini bisa diatasi kok! Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Atur Notifikasi

Credit: ios.gadgethacks.com

Ketika sedang bekerja, seringkali fokusmu teralihkan dengan notifikasi yang muncul di layer gadget. Oleh karena itu, coba matikan notifikasi, terutama dari media sosial dan aplikasi yang dapat mengganggu konsentrasimu.

Hal ini merupakan langkah mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengtasi masalah kecanduan gadget.

Log Out Media Sosial

Credit: blavity.com

Cara ini mungkin yang paling penting dalam mengatasi kecanduan gadget. Kamu mungkin sering mengecek media sosial hanya dalam selang waktu beberapa menit. Kebiasaan ini tentu dapat menghabiskan waktumu dengan percuma dan mengganggu produktivitas.

Mulai sekarang, kamu bisa coba untuk log out dari akun media sosial, terutama ketika sedang bekerja. Media sosial yang tidak log in secara otomatis dapat membuatmu mengurungkan niat untuk menghabiskan waktu di media sosial.

Setidaknya, ketika dalam proses log in, kamu punya waktu untuk berpikir dua kali sebelum membuang waktumu di media sosial.

Lakukan Rutinitas Di Luar Rumah

Credit: tempat.com

Daripada menghabiskan waktu untuk bermain gadget, ada baiknya kamu memanfaatkan waktu senggang untuk melakukan rutinitas di luar rumah, seperti berolahraga.

Kamu bisa mulai dengan sekedar jalan atau jogging di taman, bersepeda atau ikut kelas olahraga yang sudah tersedia di beberapa studio olahraga. Dengan terlibat di berbagai aktivitas, maka dapat membantumu keluar dari masalah kecanduan gadget.

Gunakan Jam Tangan

Credit: phonearena.com

 

Cara ini mungkin terdengar simple, tapi efektif untuk membantumu keluar dari kecanduan gadget. Mulai sekarang coba gunakan jam tangan. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi frekuensi memegang gadget.

Ketika kamu sudah mulai biasa mengecek waktu melalui jam tangan, hal ini dapat membantumu mengatasi kecanduan gadget dan membuatmu jadi produktif.

Berbagai cara di atas mungkin terlihat sederhana, namun sangat efektif dalam membantumu mengurangi kecanduan gadget yang bisa mengganggu produktivitas. Selama kamu mau berusaha dan berkomitmen, masalah ini pasti dapat teratasi dengan baik.

 

Featured Image - strategimanajemen.net