Pentingnya Physical Distancing Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Pentingnya Physical Distancing Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

font size A Ǎ

Virus corona COVID-19 semakin menjadi- jadi. Saat ini, untuk memutus rantai virus corona COVID-19, pemerintah meminta masyarakat untuk dapat menerapkan physical distancing atau memberi jarak antar individu. Yuk, kenali lebih detail apa itu physical distancing dan bagaimana cara menerapkannya.

Apa Itu Physical distancing?

Pentingnya Physical Distancing Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Credit: news.detik.com

Physical distancing adalah salah satu cara pencegahan virus corona dengan melakukan tindakan jaga jarak fisik antar individu, sehingga yang dihindari tidak hanya kerumunan orang saja, tetapi juga kontak fisik antar individu, seperti jabat tangan atau kontak fisik lainnya.

Ada beberapa contoh penerapan physical distancing yang paling sering dilakukan, yaitu:

  • Bekerja dari rumah (work from home).
  • Bagi siswa sekolah dan mahasiswa, biasanya memberlakukan sistem belajar di rumah secara online.
  • Menunda meeting atau acara yang dihadiri oleh banyak orang, seperti konferensi, seminar, dan rapat. Atau jika mendesak, rapat biasanya bisa dilakukan secara online melalui konferensi video.
  • Tidak mengunjungi orang yang sedang sakit, cukup menanyakan kabarnya melalui telepon atau video call.

Persiapan Melakukan Physical distancing

Pentingnya Physical Distancing Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Credit: herstory.com

1. Merencanakan Kegiatan

Bagi kamu yang sudah terbiasa melakukan berbagai aktivitas, seperti pergi ke kantor, meeting dengan klien, maupun belanja. Di masa physical distancing ini kamu perlu membatasi aktivitas- aktivitas yang kamu lakukan sehari- hari. Karena, dengan berkunjung ke tempat ramai akan meningkatkan risikomu terjangkit virus corona.

Jika kamu memang harus datang ke tempat umum, sebaiknya pilih waktu berkunjung di luar jam sibuk.

2. Menyediakan Obat- Obatan yang Diperlukan

Jika kamu menderita penyakit tertentu dan memerlukan obat khusus. Sebaiknya, kamu menyediakan obat- obatan yang kamu butuhkan. Tidak perlu memborong, kamu cukup membeli secukupnya saja.

Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak perlu pergi ke rumah sakit atau apotik jika obat tersebut habis.

3. Memenuhi Kebutuhan Harian

Persiapkan stok makanan, sabun, disinfektan, dan kebutuhan sehari- hari dalam jumlah secukupnya. Hindari panic buying secara berlebihan. Bahkan, jika kamu dan keluarga dalam keadaan sehat, kamu tidak perlu menyiapkan stok masker.

Saat membeli makanan, pilih makanan yang bergizi seimbang sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuhmu. Kemudian simpan makanan yang sudah kamu beli di dalam wadah bersih dan taruh di dalam kulkas.

4. Siapkan Akses Internet

Jika kamu harus bekerja atau belajar dari rumah, akses internet tentu sangat penting untuk disiapkan. Agar proses bekerja atau belajar tetap lancar, siapkan akses Wi-Fi atau kuota internet yang cukup dan memiliki kecepatan stabil.

Physical distancing mungkin membuat aktivitasmu jadi terbatas. Namun, cara ini cukup efektif dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona.

Selain melakukan physical distancing untuk mencegah penularan virus corona, kamu juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga rutin, istirahat yang cukup, banyak minum air putih, dan lengkapi dengan konsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari.

Kesadarmu dalam menjaga kesehatan, kebersihan, dan menjalani upaya pencegahan virus corona memiliki peran yang besar dalam mengatasi pandemic ini. Jadi, mulai sekarang terapkan physical distancing dan upaya pencegahan lainnya agar kamu, keluarga, dan banyak orang tetap terlindungi.

 

Featured Image - hipwee.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!