Virus dapat aktif di luar tubuh selama berjam- jam, atau bahkan berhari- hari. Ini termasuk virus corona COVID-19 yang sedang mewabah saat ini.

Menggunakan disinfektan, hand sanitizer, maupun tisu basah yang mengandung alkohol dapat menghilangkan virus. Tetapi tetap saja cara yang paling efektif untuk membunuh COVID-19 yang menempel di kulitmu adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air.

Bagaimana Cara Kerja Sabun Membunuh Virus Corona?

Credit: kompas.com

Hal terpenting untuk mencegah terinfeksi virus corona COVID-19 adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Mengapa? Kuncinya ada pada keampuhan sabun yang mampu membunuh virus, termasuk virus corona. Virus merupakan material kecil yang terbalut oleh protein dan lemak. Virus dapat menempel dengan mudah, terutama pada permukaan- permukaan yang sering menyentuh benda seperti tangan.

Saat orang yang terinfeksi virus corona batuk atau bersin, droplets yang dikeluarkan dapat mengenai tangan. Droplets tersebut bisa mengering, namun virus akan tetap aktif. Ini karena kulit manusia merupakan permukaan yang ideal untuk virus hidup.

Ketika kamu hanya membilasnya dengan air, virus tidak akan mati dan tetap menempel di kulit. Hal ini dikarenakan lapisan yang membalut virus bersifat seperti minyak.

Selain itu, molekul virus corona juga dibalut oleh partikel protein dan lemak yang melindunginya dari air. Namun, ketika bersentuhan dengan sabun, balutan lemak tersebut akan terpecah dan virusnya akan ikut terbunuh. Kemudian, air mengalir akan membilas sisa- sisa virus yang susah terpecah oleh sabun.

Proses pemecahan partikel lemak pada virus butuh waktu yaitu 20 detik. Durasi tersebut juga dilakukan agar air mampu membilasnya sampai bersih.

Jenis Sabun Apa yang Sebaiknya Digunakan?

Credit: somersetlive.co.uk

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik adalah tindakan pencegahan penularan virus corona yang paling mudah dan sederhana.

Kamu bisa menggunakan jenis sabun apapun, termasuk sabun batang atau sabun cair biasa yang tidak memiliki tanda anti-bacterial. Food and Drug Administration (FDA) menjelaskan bahwa semua sabun berfungsi untuk menghilangkan kuman, bakteri, dan virus. Bahkan sampai saat ini, penggunaan sabun anti-bacterial belum terbukti lebih ampuh daripada sabun lainnya.

Jadi, dalam menghadapi pandemic virus corona, selalu rutin cuci tangan dengan sabun untuk membunuh virus corona yang bisa saja menempel pada kulitmu.

Selain rutin mencuci tangan, terapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah, rutin berolahraga, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari. Kandungan vitamin C dan B kompleks dalam Enervon-C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu, agar tidak mudah sakit.

 

Featured Image - today.com