Masalah bau mulut merupakan salah satu hal yang biasa dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa membuat kamu menjadi malas dan minder untuk berkomunikasi dengan orang lain.

 

Halitosis atau bau mulut disebabkan oleh bakteri anaerob yang berada dipermukaan lidah dan tenggorokan. Kemudian, bakteri ini akan membuat senyawa sulfur yang bau saat bersinggungan dengan protein makanan yang kamu konsumsi. Senyawa-senyawa sulfur ini kemudian dibawa ke paru-paru dan dikeluarkan melalui napas sehingga terjadi bau mulut ketika sedang bernapas atau berbicara.

Credit: Liputan 6

Munculnya bau mulut ini bisa disebabkan karena konsumsi sejumlah makanan dan minuman seperti bawang putih atau kubis. Saat kamu mengonsumsi makanan tersebut dan tidak membersihkan mulut dengan benar, maka potongan makanan akan berubah menjadi mikroorganisme yang semakin memperburuk bau pada mulut.

 

Selain itu, sering mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, kekurangan vitamin B atau zinc, diet, dan kurangnya konsumsi air juga dapat memperburuk kondisi bau pada mulut.

Credit: Cosmopolitan

Jika kamu merasa sudah menjaga kebiasaan mulut dan gigi, namun bau pada mulut masih belum hilang, kamu dapat mencoba beberapa cara berikut:

1. Sikat gigi dua kali sehari, secara teratur.

2. Ganti sikat gigi setidaknya dua bulan sekali.

3. Bersihkan bagian lidah, dan minum segelas air setelah bangun tidur untuk menghilangkan bau mulut.

4. Cek kesehatan gigi setidaknya 6 bulan sekali.

5. Jika kamu memakai gigi palsu, pastikan kamu melepasnya dan membersihkannya setiap malam. Sehingga tidak ada bakteri berkembang biak di gigi palsu.

6. Hindari merokok dan konsumsi alkohol dan juga kopi yang berlebihan.

7. Minum air putih yang cukup, sehingga bakteri dan kotoran lain dalam mulut dapat dengan cepat dibersihkan.

8. Kunyah permen karet yang rendah gula.

9. Perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Dan hindari makanan seperti bawang bombai dan bawang putih.

10. Pilih cemilan yang lebih sehat, seperti apel atau wortel. Karena, kedua makanan tersebut memiliki kandungan air yang dapat membantu membersihkan mulut.

11. Jika bau pada mulut tidak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Featured Image - Detik Health