Mengonsumsi suplemen tentu sangat berbeda efeknya dengan mengonsumsi obat. Hal ini karena hampir semua suplemen berisi nutrisi yang bermanfaat untuk menambah energi, menjaga imun, hingga mencegah penyakit tertentu akibat kekurangan suatu zat gizi. Tidak terkecuali Enervon C, salah satu penyedia suplemen terpercaya di Indonesia. Namun kemudian muncul pertanyaan, apakah minum suplemen dalam jangka panjang itu baik? Apa saja manfaat Enervon C bila dikonsumsi dalam waktu yang lama? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Info Lengkap Kandungan Enervon C

Enervon C terdiri dari dua jenis yaitu dalam bentuk tablet dan effervescent. Kedua varian ini memiliki kandungan yang hampir sama, bedanya ada pada dosis vitamin C. Enervon-C Tablet mengandung 500 mg vitamin C, sedangkan Enervon-C Effervescent mengandung 1000 mg. Kemudian untuk kandungan multivitamin dan mineral lainnya adalah sebagai berikut.

  • Vitamin C (500 mg)
  • Vitamin B1 (50 mg)
  • Vitamin B2 (25 mg)
  • Vitamin B6 (10 mg)
  • Vitamin B12 (0,005 mg)
  • Niacinamide (50 mg)
  • Kalsium Pantotenat (20 mg)

Manfaat Detail Kandungan Enervon C

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat

Sistem imun yang kuat sangat penting agar tubuhmu tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, terutama pada situasi dan kondisi rentan seperti saat musim hujan. Mencukupi kebutuhan vitamin C dan B kompleks setiap harinya dapat membantumu tidak mudah lelah meskipun melakukan berbagai aktivitas yang berat. Termasuk membantu mempercepat proses pemulihan dan penyembuhan luka

Selain itu, rutin mengonsumsi vitamin C juga mendukung penyerapan zat besi semakin maksimal. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin C akan membantu penyerapan zat besi dan menyimpannya ke bentuk yang lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.

2. Membantu Pembentukan Kolagen

Kolagen merupakan komponen utama jaringan ikat di berbagai bagian tubuh, seperti kulit, pembuluh darah, tendon, ligamen, usus, dan tulang. Salah satu unsur pembentuk kolagen adalah vitamin C jadi penting sekali mencukupi kebutuhan hariannya dengan mengonsumsi Enervon-C. Kekurangan vitamin C dapat membuat tubuh tidak dapat memproduksi kolagen dengan baik dan ini bisa memberi pengaruh buruk pada komponen utama jaringan tubuh.

3. Mencegah Terserang Penyakit Jantung

Jumlah vitamin C dan B kompleks yang cukup sangat penting untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Sedangkan radikal bebas menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung seperti atherosclerosis. Pada kasus ini, suplemen multivitamin berperan sebagai antioksidan dan menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

4. Menjaga Daya Ingat Otak

Selain fungsi di atas, antioksidan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel otak, termasuk meningkatkan daya ingat, mendukung fungsi kognitif, hingga hubungan antar sinyal. Vitamin C memiliki sifat protektif yang dapat melindungi otak dari risiko kehilangan dan kerusakan daya ingat. Sedangkan, vitamin B kompleks dapat merangsang produksi mielin, yaitu zat lemak yang melapisi dan melindungi serabut saraf otak serta sumsum tulang belakang. Mielin berguna untuk meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko penurunan fungsi mental.

5. Memaksimalkan Proses Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C mampu memperbaiki dan meningkatkan proses metabolisme tubuh. Proses ini berperan untuk mengganti sel tubuh yang rusak, membantu pertumbuhan jaringan tubuh, dan membantu mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi energi. Jika kamu kekurangan vitamin B Kompleks, maka proses metabolisme tubuh pun dapat terhambat. Efek paling terlihat adalah tubuh akan lebih mudah merasa lelah, berat badan tidak terkontrol, kulit kering, suasana hati mudah berubah, dan cenderung lebih mudah kedinginan.

6. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Vitamin C bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih stabil sehingga mengurangi risiko kerusakan yang diakibatkan oleh diabetes pada pembuluh darah. Dalam suatu studi menunjukkan bahwa asupan vitamin C harian 1000 mg pada penderita diabetes dapat menghasilkan penurunan kadar gula darah yang signifikan. Bahkan vitamin C juga dapat membantu penurunan kadar kolesterol LDL.

Alasan Suplemen Ini Aman Dikonsumsi Setiap Hari dalam Jangka Panjang

Prinsip pertama yang perlu dipahami adalah konsumsi suplemen multivitamin harian tidak boleh menggantikan asupan multivitamin alami dari makanan sehari-hari. Posisikan suplemen sebagai pelengkap dan pendukung, terutama bagi orang yang termasuk dalam kategori rentan mengalami kekurangan nutrisi. Beberapa kategori yang dimaksud adalah lansia, perempuan hamil dan menyusui, pemilik pola makan vegan dan vegetarian, hingga perokok. Termasuk apabila seseorang sedang atau terancam mengalami kondisi malnutrisi akibat beberapa faktor seperti mengidap penyakit tertentu, sedang menjalani pengobatan yang membuatnya memiliki pantangan makanan tertentu, dan lain sebagainya.

Kemudian prinsip yang kedua adalah semua kandungan multivitamin dan mineral dalam Enervon C bersifat terlarut dalam air. Artinya, tubuh tidak mampu menyimpan semua kandungan tersebut dan akan otomatis terbuang melalui urine jika tubuh sudah merasa cukup. Sedangkan fakta bahwa tubuh kita tidak mampu memproduksi vitamin membuat kita perlu memenuhi kebutuhan multivitamin harian. Selama kita tidak mengonsumsi suplemen dengan kandungan megadosis, maka mengonsumsi suplemen setiap hari diperbolehkan.

Dengan kedua penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi suplemen Enervon C setiap hari dalam jangka panjang aman dilakukan selama mengikuti prinsip di atas. Berikut ini adalah data dosis maksimal (megadosis) beberapa vitamin dan mineral yang sebaiknya diperhatikan agar tidak berlebihan.

  • Vitamin C – 2000 mg per hari
  •  Vitamin B2 – 400 mg per hari
  • Vitamin B3 (Niacin) – 35 mg per hari
  • Vitamin B6 – 100 mg per hari
  • Vitamin B9 (Asam Folat) – 1000 mcg per hari
  • Vitamin D – 100 mcg per hari
  • Vitamin A – 3000 mcg per hari
  • Zinc – 40 mg per hari
  • Magnesium – 350 mg per hari
  • Kalsium – 2000-2500 mg per hari

Nah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, mengonsumsi multivitamin Enervon-C! Dapatkan produknya dari toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  1. Harvard T.H. Chan. 2023. Should I Take a Daily Multivitamin?. Diakses dari https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/multivitamin/
  2. WebMd. 2022. Vitamins and Minerals: How Much Should You Take?. Diakses dari https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/vitamins-minerals-how-much-should-you-take