Selain dengan menjaga kebersihan serta menerapkan physical distancing, agar tidak tertular virus corona adalah dengan menjaga sistem imun tubuh. Tidak hanya orang dewasa saja, tetapi anak- anak juga. Apalagi, sistem imun anak belum sempurna dan sekuat orang dewasa.

Dalam hal ini, orangtua memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun anak, terutama pada saat pandemi virus corona seperti sekarang ini. Sistem imun yang baik dapat menghindari anak terpapar bakteri, kuman, atau virus penyebab penyakit.

Berikut ini hal- hal yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan sistem imun si kecil.

1. Berikan Anak Lebih Banyak Sayur dan Buah

Credit: news.sky.com

Buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan tubuh anak. Sayur dan buah yang mengandung vitamin C serta fitonutrien dapat membantu meningkatkan sistem imun anak. Ini karena fitonutrien dapat memproduksi banyak sel darah putih dan interferon untuk melawan infeksi bakteri dan virus.

Berikan anak wortel, kacang hijau, jeruk, stroberi, dan brokoli pada menu makanannya. Atau kamu bisa memberikan yogurt sebagai camilan untuk anak.

2. Pantau Waktu Tidur Anak

Credit: lifestyle.okezone.com

Orang dewasa yang kurang tidur biasanya lebih mudah sakit karena sistem imunnya sering gagal dalam melawan virus atau bakteri. Hal ini tentu juga berlaku pada anak- anak.

Pantau jam tidurnya, sehingga sistem imunnya dapat terjaga dengan baik. Untuk bayi, waktu yang dibutuhkan untuk tidur adalah 18 jam, kemudian balita membutuhkan 12 sampai 13 jam, dan anak prasekolah membutuhkan sekitar 10 jam sehari untuk tidur. Dan jika anak tidak sempat tidur siang, maka coba ajak ia untuk tidur lebih awal.

3. Ajak Anak Berolahraga

Credit: lifestyle.kompas.com

Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, terutama jika dilakukan dengan rutin. Ajak si kecil untuk rutin berolahraga dan lakukan aktivitas ini bersama keluarga agar semakin terasa menyenangkan.

Kamu bisa ajak anak melakukan olahraga di dalam rumah, atau berkeliling komplek rumah sembari berjemur. Tapi tetap, terapkan physical distancing ya saat berolahraga di luar rumah.

4. Ajari Anak Untuk Menjaga Kebersihan

Credit: qns.com

Meskipun cara ini tidak dapat meningkatkan imun tubuh anak secara langsung, tapi menjaga kebersihan penting untuk mengurangi ‘stress’ pada sistem imunitas anak.

Pastikan si kecil sering mencuci tangan dengan air dan sabun, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah bermain di luar rumah, memegang hewan peliharaan, sebelum menyentuh bagian wajah, dan setelah menggunakan kamar mandi.

Kamu bisa memberikan anak sabun cuci tangan dalam bentuk, warna, atau aroma yang menyenangkan, agar ia semakin bersemangat ketika mencuci tangan.

5. Beri Anak Multivitamin Secara Rutin

Credit: verywellhealth.com

Berbagai suplemen multivitamin yang mengandung vitamin, mineral, atau nutrisi lainnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi anak dari berbagai penyakit. Kamu bisa berikan multivitamin Enervon-C Plus Syrup yang mengandung vitamin A, vitamin B Kompleks, vitamin C, dan vitamin D yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh anak, serta mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin harian anak.

Featured Image - beyondorganicbaby.com